Bagaimana aku mendapat ide untuk cerita fiksi?

Pertanyaan ini sering sekali aku temukan di komentar-komentar pembaca yang menanyakan tentang aku terkait cerita fiksi yang aku buat di blog ini. Banyak sekali macam-macam komentar pembaca yang sampai terheran-heran sampai membuat takjub dengan cerita punya aku sendiri. "keren, di tunggu kelanjutan ceritanya." "Semangat terus yah Mba Alya, cerita nya bikin gereget kalau ada bersambung … Lanjutkan membaca Bagaimana aku mendapat ide untuk cerita fiksi?

Mencari pengalaman lewat volunteer

Akhir-akhir ini aku lagi mencoba terjun ke hal-hal baru yang belum pernah tersentuh sama sekali, aku pribadi merasa cukup introvert banget dan jarang sekali bertemu teman-temanku apalagi ikut organisasi offline. Awalnya aku masih bingung dengan macam organisasi kampus kayak UKM sesuai dengan kemampuanku, dulu pernah aku ikut UKM Kendo di tahun 2018 lalu dan memutuskan … Lanjutkan membaca Mencari pengalaman lewat volunteer

Belajar mencintai diri sendiri

Penampilan atau fisik adalah dua masalah yang di benci oleh seseorang karena dirinya merasa penampilannya tidak begitu oke atau merasa dirinya punya tampang yang jelek. Seperti misalnya tubuh kalian ada yang merasa gemuk atau punya wajah yang biasa saja atau terlihat buluk dan jelek sehingga kalian merasa di ejek oleh orang-orang lain. Hal ini membuat … Lanjutkan membaca Belajar mencintai diri sendiri

Cerita kegagalan di kehidupan

Kegagalan adalah suatu hal biasa yang kita pernah lakukan serta menganggapnya itu hanyalah suatu masalah yang paling sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Banyak sekali macam-macam kegagalan yang pernah kita rasakan,seperti gagal masuk jurusan kedokteran, gagal menang olimpiade, dan masih banyak lagi. Semua juga pasti mengalami kegagalan dan terus berusaha bangkit, aku juga pernah mengalami kegagalan … Lanjutkan membaca Cerita kegagalan di kehidupan

Make-up atau Skincare?

Kalau ngomongin tentang kecantikan sudah hal lumrah sekali bagi cewek. Merawat diri adalah suatu kebiasaan sangat umum agar bisa tampil sempurna dan terlihat cantik seperti riasan wajah atau merawat kulit. Cewek identik dengan segala hal-hal berbau cewek banget seperti barang-barang lucu atau sesuatu yang romantis, salah satu kesukaan di mata cewek adalah tentang kecantikan. Make-up … Lanjutkan membaca Make-up atau Skincare?

Dilema saat melakukan Self Editing

Self Editing adalah tugas yang paling wajib setelah menulis panjang seperti artikel, cerita, maupun bikin makalah. Mengapa mengedit tulisan itu penting, karena supaya memastikan kalau tulisan kita di pastikan aman dan bebas dari typo dan kesalahan-kesalahan kalimat atau terlihat berantakan supaya tulisannya menjadi jelas. Kita pun tidak asal mempublish sembarangan saja atau langsung tanpa mengecek … Lanjutkan membaca Dilema saat melakukan Self Editing

Selamat tahun baru, apa resolusi di tahun 2021 nanti?

Nggak terasa sebentar lagi sudah tahun 2021 nih, dan juga bentar lagi mau tahun baru. Apakah kamu sudah menyiapkan resolusi di tahun 2021 nanti? atau apakah kamu masih kejar target yang belum dicapai? Bulan desember ini orang-orang pada sibuk mempersiapkan kejar target dan banyak sekali pada menulis sebuah harapan-harapan atau resolusi di tahun 2021 nanti. … Lanjutkan membaca Selamat tahun baru, apa resolusi di tahun 2021 nanti?

Ketika pertama kalinya menang giveaway

Ada yang pernah ikutan giveaway tidak? jika iya, pasti kalian sedang lagi berburu giveaway untuk mendapat hadiah yang menarik. Pasti kalian sudah tahun kan dengan istilah giveaway yang sering di gelar di sosmed, giveaway adalah sebuah acara kecil maupun besar yang dimana para penyelenggara akan membagikan berupa hadiah kepada netizen di sosmed dengan melakukan syarat … Lanjutkan membaca Ketika pertama kalinya menang giveaway

Kesan menghadapi mental selama di masa pandemi

Tahun 2020 akan berakhir sebentar lagi, kini tiba saatnya kita mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 yang membawa kenangan yang tak bisa di lupakan oleh kita sendiri. 2020 adalah tahun yang paling terberat dan banyak sekali ujian-ujian yang kita hadapi selama di tahun 2020, pandemi Virus Corona datang di awal tahun dan semakin meluas di … Lanjutkan membaca Kesan menghadapi mental selama di masa pandemi

Rasanya rebahan itu seperti apa?

Kalau kamu melihat sebuah kasur di depanmu, apa yang kamu pikirkan ? Pasti bawaannya pingin tiduran. Kasur itu sebuah benda paling berharga atau surga sekali untuk para kaum rebahan. Kasur yang empuk serta terbuat dari kapas itulah yang membuat kita tak bisa bangkit dari kasurnya saking nyamanya berbaring di atas kasur. Kebiasaan rebahan ini paling … Lanjutkan membaca Rasanya rebahan itu seperti apa?