Jalan-jalan ke Kota London bersama Virtual tour guide

Menjadi travelling adalah sebuah impian bagi orang yang suka sekali jalan-jalan ke berbagai tempat hingga ke seluruh dunia. Dulu kita suka bermimpi ingin bercita-cita ke luar negeri di berbagai negara yang kita sukai, siapa sangka bahwa mimpi itu ternyata menjadi sebuah kenyataan dan akhirnya cita-cita ingin terbang ke luar negeri pun akhirnya terwujud.

Semua orang (termasuk saya dan kalian sendiri) sangat ingin sekali pergi ke luar negeri, kalau di tanya tentang “apa negara favorit kalian yang akan di kunjungi?” pasti banyak sekali jawaban-jawaban kalian yang sangat antusias kalau di tanya tentang negara favorit, ada yang mau ke Arab, ada yang mau Australia, dan masih banyak lagi. Kalau aku sendiri sih suka banget negara di wilayah British seperti Negara Inggris, Inggris adalah salah satu negara favorit sekaligus impianku sejak kecil karena mempunyai alam yang indah serta banyak sekali beragam tempat yang ikonik di Negeri Elizabeth tersebut.

Tetapi karena aku sendiri belum ke Inggris secara langsung, akhirnya aku dapat kesempatan deh mengikuti travelling tour online bersama Virtual tour guide edisi jalan-jalan ke Kota London.

Virtual tour online “Jalan-jalan ke Kota London”

Sabtu kemarin yang lalu, aku dapat kesempatan mengikuti virtual tour online ke Inggris (lebih tepatnya Kota London) bersama Virtual tour guide dan Kak Dhany. Well, ini adalah pertama kalinya aku ikut travelling ke luar negeri secara online bersama pemandu tour dan peserta-pesertanya yang ikut di situ. Sebelum acaranya di mulai, aku di ajak kenalan dulu nih sama Kak Dhany, beliau dia adalah seorang traveller reguler ke Britain dalam 3 tahun terakhir dan pergi keliling ke 28 negara di 4 benua.

Perkenalan singkat Kak Dhany

Kak Dhany ini akan mengajak aku ke berbagai tempat yang akan di kunjungi di Kota London, mulai dari Trafalgar Square, Buckingham Place, sampai ke tempat Harry Potter, Kak Dhany akan dengan senang hati memberikan ilmu tentang Negara Inggris dan juga sharing-sharing tentang informasi tempat wisata di Kota London.

TENTANG NEGARA INGGRIS

Sebelum membahas tempat wisata, Kak Dhany akan menceritakan sedikit tentang fakta unik tentang Negara Inggris. Mungkin bagi kalian dan juga orang-orang pasti bingung membedain mana yang UK dan Britain, apalagi benderanya. Jadi sebenarnya kedua nama itu ternyata artinya beda banget loh guys, Britain sendiri artinya adalah sebuah wilayah atau pulau besar yang terdiri dari 3 Negara, yaitu Inggris, Skotlandia, dan Irlandia. Kalau UK itu kepanjangan United Kingdom yaitu istilahnya di persingkat dari nama resminya yang agak sedikit panjang sih, yaitu United Kingdom of Great Britain and Nothern Ireland kalau dalam verisi Bahasa Indonesianya artinya adalah kerajaan permesatu antara Britania Raya dan Irlandia Utara. Menurut dari penjelasan si Kak Dhany, UK itu berarti sama artinya yaitu wilayah yang terdiri dari 3 negara + Irlandia Utara. Sedangkan England berarti adalah negara nya sendiri alias Negara Inggris.

Perbedaan 2 bendera antara Britain dan Inggris & wilayahnya.

KEBIASAAN DAN BUDAYA ORANG INGGRIS

Habis itu aku diajak mengenali kebiasaan atau budaya Orang Inggris dan juga makanan khas nya. Di Inggris sendiri mempunyai kebiasaan yang unik dan banyak dilakukan oleh orang-orang Inggris di sana yaitu kebiasaan ngeteh atau yang di sebut Afternoon Tea. Afternoon Tea adalah sebuah kebiasaan budaya yang di mana orang-orang Inngris suka sekali minum teh dan ditemani oleh makanan-makanan kudapan kecil, biasanya kebiasaan ini dilakukan saat jam 4 sore di Rumah atau cafe.

Terus ada juga dengan istilah High tea yang sama-sama juga artinya kebiasaan minum teh, cuman kalau High Tea sendiri itu minum teh nya dilakukan secara mewah seperti di meja berisi kudapan kecil yang sangat mewah, pokoknya berbau mewah gitu deh. Untuk kalian yang ingin merasakan acara High tea dengan mewah, kalian bisa nih berkunjung ke Hotel Brackley yang biasanya suka mengadakan acara minum teh yang mewah banget seperti kerajaan, untuk sekali duduk saja akan di kenakan biaya serharga 60 pounds atau sekitar 1 jutaan karena makanan-makanan kudapan kecil saja itu bukan makanan biasa, melainkan sebuah kudapan dengan ukiran yang unik dan terlihat mewah dari desainer terbesar di dunia seperti Louis Vuitton, Gucci, dan sebagainya.

Kudapan kecil dengan ukiran yang mewah.

makanan khas britain

Ternyata Inggris juga punya loh makanan khas yang sering sekali di temui jika kalian berkunjung ke sana, yaitu Fish & Chips dan Full english breakfast. Yang pertama dari Fish & Chips dulu nih, makanan ini adalah makanan khas Britania Raya yang terbuat dari tepung ikan dan kentang goreng. Setiap restoran punya resep Fish & Chips yang berbeda-beda serta punya ciri khas masing-masing karena kata Kak Dhany bumbu Fish & Chips nya punya rasa yang berbeda dan nggak terlalu sama di setiap restoran.

Sedangkan kalau Full english breakfast adalah sebuah makanan khas Britania yang selalu dimasak saat sedang sarapan pagi, kalau di indonesia biasanya Nasi Uduk atau nggak Nasi Kuning. Makanan ini terdiri dari sunday egg, bacon, baked beans, tomato, has brown, dan black pudding. Jangan harap kalau kalian nggak bisa bebas makan Full english breakfast ini karena sebelum makan atau pesan makanan ini kalian harus tanya dulu nih apakah ini daging sapi atau juga bisa di ganti dengan daging chicken (bagi orang muslim) dan satu lagi kalau black pudding itu bukanlah sebuah pudding biasa rasa coklat, melainkan sebuah pudding hitam yang unik terbuat dari olahan darah babi.

Fish and chips (Sumber : @sharkovski )
Full english breakfast (Sumber : @angelicnorth )

DAILY LIVING IN LONDON

Usai membahas tentang makanan dan kebiasaan, aku juga dijelaskan oleh Kak Dhany tentang Daily Living di Kota London. Kota London adalah salah satu kota yang paling padat dengan jumlah penduduk dan juga mempunyai jumlah lebih 300 bahasa disana. Tak heran, banyak sekali rata-rata penduduk dengan berbagai ragam ras dan bahasa yang berbeda-beda seperti orang muslim di sana, tetapi mereka hidup berdampingan dan damai toleransi di sana.

D Kota London pasti punya alat transportasi yang ikonik banget seperti bis tingkat atau yang disebut sebagai Red Bus, Subway bus, dan Taxi berwarna hitam. Oh iya, untuk biaya Taxi di Inggris terbilang cukup mahal sekitar 10 pounds alias 180K Rupiah. Uniknya lagi, untuk menjadi supir taksi biasanya di seleksi dari tes daftar supir yang di mana untuk calon supir taksi inggris tersebut di wajibkan harus hafal 300 jalan di sekitar Kota London secara lebih, dan itupun nggak butuh yang namanya Google Maps saat sedang mengantar penumpangnya karena harus memperhitungkan waktu, belum lagi trafiknya cukup tinggi disana. Biasanya butuh 2-3 tahun untuk menjadi supir taksi di Inggris.

wisATA DI KOTA LONDON

Habis membahas budaya aktivitas dan makanan, akhirnya aku lanjut berkeliling ke tempat wisata di Kota London. Di mulai dari :

1. Trafalgar square

Yang pertama dari Trafalgar Square,Trafalgar itu adalah tempat alun-alun terkenal yang merupakan jantungnya Kota London. Trafalgar Square ini terdapat sebuah Tugu Nelson yang dibangun untuk menghormati Kerajaan Inggris yang di kelilingi oleh 4 singa besar yang terbuat dari tembaga. Tugu ini juga di peringati untuk Laksamana Horatio Nelson yang gugur saat Perang Trafalgar tahun 1805. Di tempat ini juga suka memasang pohon Natal saat Hari Natal tiba, pohon itu adalah sebuah hadiah dari Negara Norwergia sebagai ucapan terima kasih karena Inggris telah membantu Negara Norwergia saat perang dunia. Di situ juga terdapat sebuah bangunan National Museum terbesar di sekitar Trafalgar Square.

2. the mall

Habis ke Trafalgar Square, aku lanjut ke Jalan The Mall, The Mall itu terletak di ujung barat Admiral Arch dan Trafalgar Square di ujung timur. Jalanan itu lurus banget sampai ke Buckingham Palace dengan panjang 930 m, biasanya ini sering di pakai buat acara pawai seperti royal wedding atau penobatan raja adan ratu. Jalanan di buka pada hari biasa dan di tutup pada hari Sabtu dan Minggu (weekend).

3. buckingham palace

Berlanjut ke Buckingham Palace, mungkin orang-orang pada salah kaprah dengan tempat ini karena bilang tempat itu adalah tempat tinggalnya sang Ratu Elizabeth dan keluarganya. Padahal itu salah besar, Buckingham palace sendiri adalah sebuah bangunan istana yang di gunakan untuk menyambut tamu-tamu negara atau acara resmi tertentu. Sedangkan Ratu Elizabeth sendiri itu ternyata tinggalnya di Istana Windsor yang terletak di Bekshire, Inggris.

Pada awalnya Buckingham palace ini basicnya milik pribadi bukan kerajaan Inggris, jadi kayak pemilik rumah biasa gitu sih. Terus bangunan itu dibeli oleh Raha George III dan di renovasi menjadi Buckingham Palace sampai sekarang ini. Untuk masuk ke dalam istana ini, hanya sekitar 2 bulan dalam setahun (menurut penjelasan dari Kak Dhany) dan biaya untuk masuknya serharga 25 pounds. Di dalam pun kita tidak boleh foto secara bebas maupun secara sembunyi-sembunyi, di luar Buckingham Place juga terdapat sebuah patung Victoria yang terbuat dari marmer dan berdiri kokoh di depan Buckingham place.

Oh iya, ada satu fakta unik nih, setiap Ratu Elizabeth pergi ke suatu tempat (seperti Buckingham place dan Istana Wndsor) selalu di pasangi 2 bendera sebagai penanda kedatangan sang Ratu Inggris. Kalau misalkan ada tanda bendera Royal Standard di atas gedung, berarti tandanya ada si Ratu di dalam gedung, sedangkan ada tanda bendera UK biasa atau yang disebut sebagai Union Jack, berarti tidak ada Ratu di tempat tersebut dan Ratu pindah ke tempat lain. Untuk yang ingin melihat gambar benderanya, kalian bisa cek di internet ya πŸ™‚

4. westminster abbey

Next ke Westminster Abbey, Westminster Abbey adalah sebuah gereja paling bersejarah di Inggris yang dimana tempat raja dan ratu dinobatkan dan sebagai tempat acara ceremonial seperti acara pernikahan terbesar di Inggris, di sana terdapat pula sebuah makam Kerajaan Inggris beserta tokoh-tokoh terkenal atau penting di Inggris. Gerreja itu di buka secara umum dari pukul 9.30 pagi- 03.00 sore (tapi di beberapa waktu biasanya bukanya sampai jam 1) Sedangkan untuk hari sabtu dan weekend akan di tutup karena gereja itu lagi di gunakan untuk beribadah.

5. Big ben & elizabeth tower

Banyak sekali orang-orang yang salah kaprah dengan menyebut istilah Big Ben ini, aku sendiri saja masih belum paham dan agak sulit menjelaskan menara ikonik ini. Menara itu bukanlah bernama Big ben melainkan Elizabth Tower/ Clock Tower. Sedangkan nama Big ben itu sendiri adalah sebuah lonceng besar di dalam menara jam London. Menurut penjelasannya Kak Dhany, kita tidak bisa memasuki Elizabeth Tower ini karena hanya orang-orang Inggris aja yang bisa memasuki menara itu, aku sendiri masih belum paham kenapa kita tidak boleh masuk. Menara itu berdiri sejak tahun 1800 an yang berarti umurnya sudah sekitar 130 an dan bangunan itu terbuat dari batu-batuan dan masih terdapat tangga batu di dalam menara jam besar itu. Selain Big ben dan Elizabeth Tower juga terdapat sebuah jembatan Westminster yang terletak tepat di depan kedua menara ikonik tersebut.

6. Tower Bridge

Tower Bridge ini adalah sebuah jembatan terkenal yang terdapat sebuah ciri khas 2 menara yang berdiri kokoh indah serta bisa terbuka dengan 859 derajat untuk memberi jalan kepada kapal-kapal yang sedang melintas, jembatan itu mempunyai panjang 240 m.

7. london eye

London Eye adalah sebuah kincir angin terbesar dan tertinggi di dunia (tetapi dikalahkan oleh kincir angin di Singapura) sekaligus wahana attraction dengan biaya yang paling mahal, untuk biaya harganya sendiri sekitar 27-30 pounds per-orang untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak harganya berkisar 22-25 pounds, sedangkan untuk waktu naik ke kincir angin nya sekitar 30 menit. Kincir angin itu tinggi sekali dan begitu sampai ke atas udah langsung ke point of viewnya untuk melihat keseluruhan Kota London dengan ketinggian 270 m.

8. Sherlock holmes museum

Siapa nih yang penggemar Sherlock Holmes, mungkin saja kalian sendiri ada yang pecinta Sherlock Holmes. Museum Sherlock Holmes ini terletak di 221b Baker St. Marylebone, London. 221b itu sendiri sebenarnya hanyalah nomor fiksi dan padahal rata-rata di sekitar apartemennya cuman hanya sampai dari nomor blok 120-160 saja. Di dalam tempat itu banyak sekali macam propeti-propeti atau alat ikonik yang selalu di pakai oleh si Detektif Sherlock Holmes tersebut. Dan juga ada sebuah ruang konsultasi yang ikonik yang sering sekali di gunakan oleh Sherlock untuk konsultasi dengan klien atau orang terdekat sekaligus tempat bersantai.

9. Harry potter studio tour museum

Ini nih yang di tunggu bagi para Potterhead, yup Harry Potter studio tour museum. Museum Studio Harry Potter itu adalah sebuah tempat syuting Harry Potter sekaligus pameran-pameran propeti dan alat ikonik ala Harry Potter. Di luar gedung juga terdapat sebuah patung Wizard Chess yaitu adalah sebuah patung catur raksasa yang di gunakan untuk bermain sama Harry Potter dan dua kawannya, Ron dan Hermoine, di film Harry Potter yang pertama. Untuk masuk ke museumnya di kenakan biaya seharga 70-80 pounds.

Nggak hanya Harry Potter studio museum saja kok, ternayata masih ada tempat-tempat khas Harry Potter ikonik yang tak kalah keren dari museum seperti Platform 9 3/4 yang terkenal bisa tembus ke tembok di stasiun kereta api King Cross, Reptile House London Zoo yang di mana Harry berbicara dengan si Ular, Leadenhall Market yang terkenal sebagai Diagon Alley tempat di mana Harry berbelanja keperluan alat sihir sebelum masuk Hogwartas serta bertemu Hedwig si burung hantu yang imut, dan Kantor Kedutaan besar Australia di Inggris yang di kenal sebagai tempat Gringotts Bank di Harry Potter.

Well, beginilah dari kisah perjalanan virtual tour di Kota London, panjang sekali ya ceritanya sampai aku nulisnya dari pagi sampai malam (tapi waktu nulisnya di potong sama jam istirahat + kuliah online sih, wkwk) bagi kalian yang ingin ikut virtual tour online bisa kunjungi nih ke Instagram virtual.guide. Tour itu banyak sekali berbagai macam informasi seputar traveler serta tempat-tempat wisata yang di jamin bikin kalian ngiler, kalian juga bisa nih ikut virtual tour online secara gratis dan tinggal nulis daftarnya saja di link pendaftaran yang tertera di bio Instagram Virtual tour guide.

Selamat jalan-jalan πŸ™‚

52 tanggapan untuk “Jalan-jalan ke Kota London bersama Virtual tour guide

  1. Seru banget sih ini virtual tournya, bikin mupeng pengen jalan-jalan ke Inggris ya, sayangnya sekarang sikonnya memang masih belum kondusif sih yaa, serem mau kemana-mana semoga taun depan segera membaik deh

    Suka

  2. Wah perjalanan virtual ke London sekitarnya membuat wawasan jadi luas sekali.Mulai dari kebiasaan, ikonik bahkan sampai museum Harry Porternya. Menyenangkan yach..

    Suka

  3. aku pengen ke harry potter studio museum!!!! need more pics please!!! hihihi. aku suka banget harry potter soalnya, udah inggris banget sih kata aku mah walau sebagai mitos di film HP gak semuanya dari mitos inggris ya. seru nih kakak ikut jalan – jalan ke london secara virtual. kapan ada lagi ya?

    Suka

  4. Baca artikel ini jadi ngebayangin bisa ke London. Bucket list yang entah kapan bisa terealisasi. Hehe jadi semangat buat rajin nabung nih. Makasih yah Mba informasinya πŸ˜‰

    Suka

  5. aku kalo ke London juga mau masukin ke Harry Potter. Hehhe.. kalo istilah afternoon tea sama high tea, aku jadi mikir kalo di kita jam 3 – 4 sore cari cemilan gorengan aja udah seneng sama beli kopi haha..

    Suka

  6. Saya salut dan apresiasi virtual tour di saat pandemi ini. Lumayan banget hiburan ga bisa kemana-mana. Saya kepengen ke Inggris, semoga 2022 bisa terwujud, pengen makan fish and chips terus foto di Big Ben, kelilingan London naik Double Decker.

    Suka

  7. pudding dari darah babi, langsung begidig bacanya..

    aku yang bacanya juga ikut terbawa suasana nih, seneng yaa bisa tahu beberapa budaya di suatu negara tuh. thanks reviewnya mba Al

    Suka

  8. penasaran sama virtual tour gini deh.. malah penasaran dengan daerah pedesaan di Inggris, akibat kebanyakan baca Harry Potter kayanya hahaha

    Suka

  9. wahhh aku baru tau nih ada virtual tour gini, seru banget yaa! btw, penasaran banget itu sama museum sherlock holmes sama Harry potter studio itu! ini rutin ya diadainnya?

    Suka

  10. Baru tahu kalo Britania itu pulau yang terdiri dari 3 negara. Saya tahu Inggris dan berasa mengenal Inggris itu cuma dari film Braveheart dan Mr. Bean, pendek banget, ya, pengetahuan saya ttg Inggris. Abis baca tulisan ini, jadi banyak tahu. πŸ˜€

    Suka

  11. Seru ya mba, aku bacanya sambil ngebayangin film seri The Crown ttg kerajaan Inggris hahaha semoga pas udah bisa pergi2 lagi ada rezeki utk traveling ke Inggris ya mbaa

    Suka

  12. Demi menyambung hidup di masa pandemi, para tour guide banyak sekali yang membuat event virtual semacam ini. Layak diapresiasi!

    Kalo aku ikut event virtual itu, pasti setelah event jadi pengen Hijrah Ke London πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s