Mengenal World Building

Saat pertama kalinya terjun ke dunia menulis, kamu akan berjumpa berbagai macam jenis-jenis tulisan serta hal-hal menarik seputar kepenulisan. Seperti artikel, blog, cerpen, dan banyak macam-macam lainnya. Kamu pun sudah pernah belajar Bahasa Indonesia tentang cara menulis dengan baik serta merangkai kata-kata dengan indah. Mungkin kamu nggak asing lagi kan tentang macam jenis atau teknik menulis yang pernah kamu di ajarkan oleh gurunya seperti alur cerita, paragraf, tata kalimat PUEBI, dan masih banyak lagi.

Biasanya kamu saat latihan menulis hanya fokus tentang berbagai teknik macam kepenulisan dan membuat story telling dengan baik. Teknik ini sering sekali di pakai untuk menulis untuk berkreasi serta membuat karya seperti nulis di blog atau menulis cerita fiksi, bagi kamu yang jago menulis dan punya pengetahauan yang luas tentang menulis, kamu belum tahu kan dengan istilah World Building.

Mengenal world building

Sumber : Pinterest/BuzzFeed

Istilah world building berarti dalam Bahasa Indonesianya adalah ‘Membangun dunia’. Dilansir dari Wikipedia, world building adalah proses dunia membangun imajiner, terkadang dikaitkan dengan seluruh alam semesta fiksi. Jadi maksud world building itu berarti si penulis membangun dunia fiksinya sendiri untuk menjadikan tulisan cerita yang menarik serta bisa mengatur dunia imajinasimu dengan sendiri tanpa di campur tangan oleh orang lain. Umumnya world building ini biasanya terjadi saat bikin cerita novel/cerpen yang bertema genre fantasi atau Scf-i, world building inilah yang membantu penulis untuk menggambarkan cerita yang kokoh serta lengkap dengan detail-detail sejarah dalam cerita yang di buat oleh dirinya sendiri.

Bagaimana cara membuat world building

Sumber : Pinterest/Fanpop

Untuk membuat world building cukup gampang dan juga sedikit sulit karena harus mencari riset untuk membuat bangunan dunia fiksi yang mau buat, bagiku sendiri saat membuat world building nya nggak terlalu lengkap banget seperti Wikipedia, tetapi tulis yang penting saja bagian- bagian sejarah dunia fiksi yang ingin kamu gunakan untuk bikin cerita nanti. Berikut inilah langkah membuat world building

1. Tentukan ide atau tema dunia imajinasi yang kamu buat

Sebelum bikin world building kamu harus tentuin dulu nih mau bikin dunia apa yang ingin di jadikan sebagai cerita fiksi. Misalnya mau bikin cerita tentang dunia sihir seperti Harry Potter atau mau bikin dunia kerajaan seperti Game Of Thornes, terserah saja tentukan ide untuk bikin dunia imajinasi kamu se-kreatif mungkin.

2. deskripsikan letak geografis secara detail

Ketika kamu ingin memulai bikin world buildingnya, langkah yang pertama adalah menjelaskan letak geografis tempat atau bangunan secara detail. Seperti tempat kerajaan yang terletak di dataran pegunungan tinggi dan terdapat sebuah danau ajaib bla bla bla. Kamu bakal jelasin juga ciri-ciri alam atau keadaan geografis seperti iklim, tanah, alam dan sebagainya.

3. Ceritakan kebiasaan di lingkungan sosial

Bagaimana kebiasaan manusia atau makhluk hidup di kehidupan sosial? kamu akan jelasin juga nih kebiasaan-kebiasaan atau adat di dunia kerajaan atau tempat yang kamu buat. Intinya jelasin aja kebiasaan-kebisaan makhluk hidup atau manusia dalam kehidupan sehari-hari, ibarat kamu itu adalah seorang penelitian yang melakukan penelitian antropologi terhadap warga desa atau suku-suku pendalaman. tetapi jelasinnya jangan terlalu panjang lebar dan secukupnya aja ya.

4. sistem perekonomian

Sistem ekonomi juga di pakai untuk dalam dunia kerajaan atau tempat yang kamu buat sendiri. Kamu akan jelasin nih tentang bagaimana sistem keuangan atau perekonomian yang di terapkan di situ seperti perdagangan jual-beli misalnya. Langkah ini boleh nggak wajib di pakai kok, tergantung kalau misalnya kamu mau tambahin tentang sistem ekonomi di cerita kamu tersebut.

5. sistem kerajaan & politik/ aturan

Sistem kerajaan sangat penting sekali untuk di pakai dalam world building. Karena pemimpin iyalah pemimpin yang bertugas untuk memimpin suatu dunia atau kerajaan yang bertujuan untuk mempertahankan tempat kekuasaan serta berbuat kebijakan terhadap pemerintah. Maka itulah, kamu harus buat juga sistem pemerintah apa yang ingin kamu gunakan, entah sistem kerajaan, presiden, maupun monarki. Dan juga kamu harus deskripsikan juga nih sistem politik atau aturan yang berlaku bagi kerajaan atau dunia sesuai ciptaanmu sendiri.

6. teknologi atau sihir

Setiap kerajaan atau dunia pasti juga punya berbagai macam teknologi yang canggih atau sihir yang sangat luar biasa. Kedua ini adalah hal yang istimewa yang di miliki oleh dunia kerajaan atau dunia modern, kamu juga bisa nih menggabungkan teknologi dan sihir sehingga menjadi sesuatu yang sangat keren dan berguna untuk dunia sendiri yang kamu buat.

7. hubungan dengan daerah lain

Poin 7 adalah langkah yang paling penting karena sebagai inti cerita atau konflik yang akan di pakai dalam cerita fiksi. Kamu akan jelasin juga nih hubungan tempat atau dunia dengan daerah lain, apakah keduanya bermusuhan, baik-baik saja, atau netral?

8. tulislah sejarah dunia yang sudah kamu buat sendiri

Setelah kamu selesaikan di poin secara keseluruhan, langsung saja tulis latar belakang sejarah tentang dunia imajinasi yang kamu buat sendiri. Isinya nggak terlalu panjang banget kok, asal detailnya yang lengkap dan sangat jelas (jangan terlalu banyak kayak laporan ilmiah atau wikipedia). Setelah sudah menulis sejarah dunia yang kamu buat, baru deh eksekusikan catatan sejarahmu dalam bentuk ke sebuah cerita fiksi.

Sumber : pixabay/marcosantiago

Nah, itulah tadi tentang mengenal world building yang penting sekali untuk membuat cerita fiksi seperti fantasy atau scf-i. Semoga menjadi semakin bermanfaat buat kamu yang hobi membuat cerita fiksi.

30 tanggapan untuk “Mengenal World Building

  1. Saya salut sama teman-teman yang suka bikin fiksi gitu, lumayan rempong loh bagi saya.
    Butuh ketenangan dan waktu yang cukup untuk itu.
    Kalau mamak-mamak kayak saya, sepertinya belum bisa menulis kayak gitu, mengingat saya nulis di blog aja, per paragraf mulu ada interupsi dari anak hahaha

    Tapi, memaksa menulis, bikin kita jadi terbiasa, mungkin dengan memaksa menulis fiksi fantasy gini, bikin jadi terbiasa 🙂

    Suka

    1. bikin cerita fiksi emang lebih sulit di banding ngeblog biasa atau nulis pengalaman, soalnya cerita fiksi itu nggak bisa bebas yg kita mau nulis apa adanya saja, karena harus ada aturan tata kalimat dan bahasanya macam PUEBI atau diksi, nggak bisa sebebas menulis pengalaman biasa kyk ngeblog.

      Ini aja saya masih belajar nulis meskipun udh beberapa banyak cerita fiksi saya yg udah jadi semua dan terkadang masih ada beberapa typo atau sedikit berantakan 🙂

      Suka

  2. Selalu salut sama penulis2 yang menceritakan fiksi ato fantasy, sunggguh imajinasinya yang kuat banget. Ahh, makasih banyak tulisannya ku jaid mnegenal tentang world building dalam suatu tulisan.

    Suka

  3. Saya nikmatin banget waktu nonton drama nih
    Apalagi drama Cina,/Korea yang berkisah mitologi
    Penulis scenario menyusun latar, karakter dst sehingga penonton larut
    Kurang lebih Seperti itu hasil penyusunan fiksi ya?

    Suka

    1. Kalau kyk film kolosal gitu biasanya juga sesuai sejarah nya sih dan kadang juga ada kolosal fiksi kyk di drama Korea misalnya.

      Setiap cerita Fantasi tentang kerajaan juga harus pake world building, kalau yg cerita sejarah juga bisa sih, cuman kalau cerita tentang sejarah asli tetep harus cari riset

      Suka

  4. Saya baru tahu istilah world building ini, sudah lama pengen bisa nulis cerita fiksi tapi banyak gagalnya. Pas baca pemaparan Mba Alya, menarik sekali, jadi poin-poinnya saya catat. Semoga terwujud. Terima kasih banyak, yah

    Suka

  5. Memang kalau bikin fiksi fantasi dengan negara yang kita bangun sendiri harus detail ya menciptakan latar belakangnya. Aku dulu pernah bikin cerbung fiksi fantasi tapi nggak selesai karena bingung sendiri sama latar belakang Tempatnya. Heu

    Suka

  6. Perlu banget punya ide, pengetahuan dan kreativitas yang luas yaa. Baru tahu ttg world building ini.. Makanya baca cerpen dan ceritanya mba Al yg berseri sering jg keren nih

    Suka

  7. Meskipun sudah menggeluti dunia fiksi sejak 2010 tapi jujur baru dengar istilah world building. Aku lebih mengenalnya dengan ruset, hehe. tapi istilah world building lebih mudah diingatkan ya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s