Kesibukan menjadi penyebab utama jarang menulis

Sibuk adalah suatu kebiasaan yang sudah menjadi hal biasa oleh kalian yang tak bisa di hindarkan. Entah sibuk belajar, kuliah, kerja, dan lain-lain yang mau tak mau harus di selesaikan dengan pekerjaan-pekerjaan atau tugas yang menumpuk sehingga kalian terfokus dengan pekerjaan nya sekali dan menghiraukan di sekitarnya alias sibuk.

Sibuk juga salah satu penyebab yang menghalangi kalian untuk menulis, entah kalian ada jadwal kuliah yang padat banget atau tugas kantormu yang bertumpuk-tumpuk dan tak bisa di tunda sehingga kalian tidak punya waktu untuk menulis. Alhasil, kalian jadi jarang menulis dan sibuk satu sama lain dan membiarkan blog tulisan kalian menjadi terbelangkai. Bahkan, saking jarangnya nggak pernah nulis lagi kalian akan menjadi lupa cara memulai menulis lagi atau merasa kesulitan untuk mulai nulisnya dari awal.

Terkadang kalian tak bisa membagi waktu antara menulis dan urusan pekerjaan lain. Kalian meninggalkan waktu untuk menulis dengan sia-sia karena sibuk dengan urusan yang lain, jangan harap bagi kalian yang ngadi-ngadi jadi penulis tetapi malah jarang sekali menulis karena saking terlalu sibuk mengurusi hal yang lain maupun ngurusin diri sendiri meskipun di jam-jam kosong. Yeah, sulit juga ya untuk menghindar yang namanya sibuk dari kegiatan menulis, tetapi menulis juga sibuk kok dan bahkan menjadikannya menulis sebagai pekerjaan utamanya. Sibuk menulis itu sangat bagus karena semakin sering menulis dan semakin tajam juga asah kemampuan dalam bidang tulis-menulis.

Sibuk juga bisa diatasi dengan baik asalkan tergantung kalian dengan caranya yang sendiri-sendiri, seperti :

  1. Menerapkan manajemen waktu : Maksudnya harus pintar membagi jam untuk waktu menulis dan waktu mengurusi hal yang lain supaya menjadi seimbang, jangan lupa sisipkan waktu untuk beristirahat ya.
  2. Buatlah jadwal to do list supaya kalian nggak lupa dengan jadwalnya.
  3. Sebisa mungkin kalian harus nyelesaikan pekerjaan penting utamamu saja supaya dapat bisa terselesaikan.
  4. Jika punya waktu kosong atau gabut nggak ngapa-ngapain, kalian bisa pakai untuk kegiatan menulis atau membaca-baca artikel/ buku supaya mendapat ide untuk menulis.

Well, itulah tadi dari tips-tips supaya kalian nggak kemakan sibuk ngurusin pekerjaan lain sehingga jarang menulis lagi. Meskipun kalian di landa sibuk tetap sebisa mungkin kalian bisa menulis di waktu yang luang atau kalau sudah selesai dengan pekerjaan pentingmu, supaya kalian tetap bisa menulis dengan produktif.

*Tulisan ini dibuat untuk challenge 1minggu1cerita yang berjudul “Sibuk

2 tanggapan untuk “Kesibukan menjadi penyebab utama jarang menulis

  1. Waa.. aku setuju banget sama tulisan mbak Alya ini haha..
    waktu aku baca seperti langsung nancap di aku haha yang kadang-kadang beralasan sibuk ketika ingin menulis. Terkadang memulai itu memang sulit, padahal setelah itu ngga jadi mager lagi haha. Aku sendiri kalau menulis harus fokus jadi memang harus meluangkan waktuku ditengah kesibukanku sehari-hari.
    “If we really love what we do, we will make time for it” dan maka menulis aku jadikan menjadi salah satu prioritiku karena menulis bisa membuat moodku lebih senang hehe

    Terima kasih mbak Alya tentang artikelnya ini, aku jadi bisa instrospeksi diri lagi hehe ❤

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s