Dear pejuang mahasiswa kuliah online

Untuk aku maupun kalian yang masih mahasiswa :

Maret 2020 sampai sekarang ini aku masih berkutat di depan layar laptop untuk mengikuti kuliah online. Sekarang sistem pembelajaran kuliah ini bisa dibilang sangat berbeda daripada umumnya, seluruh kampus di Indonesia kini menerapkan kebijakan kuliah online alias kuliah di rumah aja sejak kedatangan Pandemi Virus Corona yang menyerang seluruh dunia. Bukan hanya di Indonesia aja kok, kampus-kampus di luar negeri pun juga pada kuliah online juga meskipun aku masih belum paham apakah di sana kuliah online nya wajib apa sebagian saja, hanya mereka di sana yang tahu dengan penerapan kuliah online di sana.

Penerapan sistem kuliah online adalah sebuah jalan alternatif dan mudah yang aku jalani sebagai pengganti kuliah tatap muka langsung di kampus. Pandemi ini nggak akan menghalangi mahasiswa untuk semangat kuliah berkat di bantu oleh teknologi dan gadget yang canggih serta sinyal internet yang memadai, kalau tidak ada teknologi dan gadget canggih di dunia ini kita bingung cara mau mengikuti kuliahnya bagaimana saat terjadi pandemi ini, yang ada kita susah untuk belajar kuliahnya dan sulit tatap muka dengan dosen dan mahasiswa baik lewat online maupun bertemu secara langsung.

Namun, kita bersyukur karena teknologi dan gadget canggih ini selalu hadir bersama kita di masa pandemi ini sehingga kita jadi mudah mengikuti kuliah meskipun secara online. Dan kita juga bisa bertemu kangen dengan teman-temannya dan dosen lewat webinar seperti Zoom atau Google Meet, kita bisa belajar berbagai materi dari dosen dan dosen selalu mengajarkan materinya lewat presentasi di webinarnya. Dan juga kita nggak perlu lagi boros-borosin kertas atau buku tulis untuk mencatat materinya karena materinya itu berupa soft copy/ e-book yang selalu di kasih oleh dosennya.

Selama masa pandemi banyak sekali suka dan dukanya ketika kita menjalani kuliah online di rumah aja. Tak jarang beberapa mahasiswa pun sering curhat atau mengeluh soal masalah mengikuti kegiatan kuliah online, ada yang bilang kuliah online tuh enak dan menyenangkan banget sehingga nggak perlu capek-capek ganti baju yang rapih atau bersiap-siap untuk pergi ke kampus, gaya belajar pun kita bebas seperti ikut kuliah online sambil rebahan atau sambil makan pun juga boleh, asal jangan ikut kuliah online sambil mandi ya, wkwkw.

Tetapi kuliah online pun nggak seindah apapun yang kita bayangkan, kuliah online pun bahkan bisa membuat stress yang di jamin bakal pusing mengurusi hal itu, siapa lagi kalau bukan tugas. Tugas adalah sesuatu hal yang menakutkan sekaligus bikin beban menurut mahasiswa, setiap hari di rumah kita kudu harus bergelut dengan tugas sambil mengejar jadwal deadline supaya bisa mendapat nilai dari dosen. Sering sekali kita merasa stress dan emosi menghadapi tumpukan-tumpukan tugas yang banyak dan membuat kita ingin tobat dan menyerah di tengah jalan. Nggak hanya tugas saja kok, bahkan skripsi pun tetap menjadi momok masalah yang membuat mahasiswa tingkat akhir harus bergelut terus dari pagi sampai malam.

Yaah beginilah gambaran-gambaran kisah kehidupan mahasiswa saat mengikuti kuliah online di masa pandemi ini, terdapat banyak macam ekspetasi dan realita yang kita temukan di sini. Aku pun pasti mengalami hal kayak begini dan rasanya tuh nyesek banget dan rela di spam tugas terus oleh dosen-dosennya. Meskipun kadang terjadi drama dan stress selama mengikuti kuliah online, mahasiswa tetap terus berjuang dan jangan berhenti di tengah jalan. Hadapi aja dengan masalah ini dan selesaikan tugas itu dengan konsisten supaya bisa terselesaikan dengan tepat, kita semua juga pingin mau lulus kok.

2 tanggapan untuk “Dear pejuang mahasiswa kuliah online

  1. Semangat Alya 🙂
    Masa pandemi ini memang sukses bikin semua manusia dipaksa beradaptasi dengan cepat.
    Nggak peduli nggak ada ini, nggak ada itu, nggak bisa gini, nggak bisa gitu.
    Pokoknya harus bisa.

    Baik anak sekolah, maupun mahasiswa/i, semua juga kudu menyesuaikan diri, bahkan ibu-ibu gaptek, auto nggak gaptek lagi haha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s