Penyebab aku jarang nulis di blog

Seminggu ini hampir jarang sekali aku menulis di blog ini karena berbagai alasan yang sehingga menghambat kegiatan menulis ini secara rutin. Biasanya aku menulis ini ketika di sela-sela waktu luang di rumah aja, sekitar 1-2 tulisan yang aku tulis di blog ini sekalian rajin nabung konten blog dan berusaha membangun personal branding ku.

Terkadang blog aku tuh kadang sepi kadang enggak, tergantung mau nulis tentang tema apa ketika aku punya ide dan rasanya tuh kayak pingin kebelet nulis gitu. Di antara masalah ini, banyak sekali tantangan dan kesulitan selama aku menulis ini. Agak jarang aku menulis alias ngeblog karena ada hal-hal kecil sepele saja, tetapi emang bener sih agak susah untuk menerapkan konsisten ngeblog atau menulis. Ini nih penyebab aku jarang nulis di blog selama menjalani sebagai blogger dan penulis,

1. Mood yang nggak jelas

Mood adalah sebuah tantang besar bagi blogger agar bisa kembali semangat untuk menulis. Masalah ini bikin susah untuk menghindari gangguan mood ini jika mood aku tuh suka kacau dan semakin down. Mau nulis aja tuh nggak bisa, kalau mau menulis dengan keadaan seperti ini tuh rasanya nggak enak banget ngejalaninya. Kudu harus merenung dan melamun dulu biar mood kacau aku jadi hilang seketika, merenung dan melamun adalah kebiasaanku ketika mood aku sedang kacau nggak jelas, biasanya kalau melamun gitu sambil rebahan di kasur.

2. Malas

Malas adalah gangguan kedua yang peling sulit setelah mood, malas tuh sering banget kita rasakan ketika mau menulis. Entah kenapa rasanya tuh malas banget ya kalau mau menulis alias ngeblog. Bawaannya tuh pingin rebahan di kasur nggak mau beranjak dari kasur. Masalah ini paling sering aku alami ketika di waktu luang dan nggak ngapa-ngapain.

3. Sibuk

Semua orang pasti sangat sibuk, kok. Saat ini aku juga agak sibuk mengurusi diri sendiri maupun berbagai pekerjaan yang harus aku kerjakan. Seperti mengikuti jadwal kuliah online yang lumayan padat, tugas-tugas kuliah yang kadang bikin beban stress dari dosen, atau berbagai tugas pekerjaan lain yang kadang membuat aku nggak bisa ngatur waktu yang pas.

4. Stuck ide/ inspirasi

“nyari ide tuh gampang kok.” Kata siapa? ide dan inspirasi itu nggak bisa kita dapatkan segampang mungkin. Butuh berpikir keras agar bisa mendapat ide dan inspirasi dengan cepat, meskipun sudah mencari ide dan inspirasi di berbagai hal lewat buku, film, dan lain-lain. Tetap aja sih susah untuk mendapatkan idenya, butuh waktu lama agar bisa mendapatkan kedua ini dengan tepat.

5. berhenti atau vakum

Aku sengaja mencantumkan alasan ini karena masalah ini berdasarkan dari pengalamanku. Jadi ingat waktu dulu aku sempat vakum di dunia blogger dan kepenulisan sejak tahun 2019 dan saat bulan ramadhan 2020. Penyebab itu karena hanya sepele saja yang sudah aku bahas di semua list ini, jadinya blog aku menjadi sepi yang seolah-olah sudah diserang oleh debu dan sarang laba-laba. Akhirnya, setelah sekian berbulan-bulan lamanya blog aku akhirnya hidup kembali deh dan menjadi tambah ramai hingga sekarang.

Well, itu deh dari penyebab-penyebab alasan aku jarang nulis di blog ini. Semoga bisa konsisten lagi yaa menulisnya dan juga rawat blog ini dengan baik. Katanya mau jadi blogger, katanya mau jadi penulis.

7 tanggapan untuk “Penyebab aku jarang nulis di blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s