Seberapa pentingkah film perjuangan itu ditayangkan?

Biasanya beberapa chanel TV selalu menayangkan film-film perjuangan bangsa Indonesia untuk menyambut hari-hari nasional seperti hari kemerdekaan Indonesia atau hari-hari nasionalisme lainnya. Hari nasional di Indonesia adalah hari paling bersejarah dan tak boleh di lupakan oleh masyarakat Indonesia, mengingat bagaimana pahlawan-pahlawan kita dan juga nenek moyang kita zaman dahulu yang sudah berjuang mempertahankan Indonesia dari ancaman penjajahan asing. Kita patut mengenang jasa-jasa pahlawan kita dan juga nenek moyang yang ikut berjuang bersama pahlawan-pahlawan Indonesia untuk siap bertarung menghadapi penjajah asing di zaman dahulu, biasanya kita mengenang sejarah ini lewat membaca buku sejarah hingga menayangkan film-film kemerdekaan yang selalu di tayangkan di TV di saat tanggal 17 Agustus tepatnya hari kemerdekaan Indonesia.

Banyak sekali film-film era sejarah Indonesia yang sering sekali kita tonton baik di TV maupun di Internet. Banyak juga beragam isi pesan-pesan moral yang dapat membuat kita cinta dengan Indonesia dan salut dengan pahlawan-pahlawan kita di film itu meskipun film sejarah itu punya banyak pesan moral. Ternyata masih ada film-film sejarah yang mempunyai kontroversi di dalam kandung cerita film tersebut.

Seperti misalnya Film Pengkhianatan PKI yang selalu menjadi perbincangan hangat dari netizen karena mempunyai macam kontroversi mulai dari cerita faktanya, adegan yang sadis, hingga penayangannya di saluran TV.

Yang membuat pertanyaan ini, apakah film sejarah perjuangan patut di tayangkan? kalau menurut aku, yaa sah-sah aja dan bagus sih sebagai sarana belajar sejarah dari film itu tersebut. Itu sudah aku singgungkan di atas bahwa film sejarah itu punya banyak pesan-pesan moral serta menampilkan reka adegan sesuai fakta di cerita sejarah tersebut. Gak hanya menonton film sejarah Indonesia saja kok, bahkan kita juga sah sah aja menonton film sejarah di luar negeri hanya untuk sekadar menambah ilmu yang luas tentang sejarah, belajar sejarah itu gak hanya mencakup Indonesia aja kok.

Kadang film sejarah di luar negeri pun sering di tayangkan di TV Indonesia seperti peperangan dan politik yang biasanya tayangnya malam. Selain ceritanya juga bagus ternyata juga punya sisipan pesan moral yang terdapat di film itu, sama seperti film sejarah Indonesia. Cuman ya kalau menurut ku, bedanya film sejarah Indonesia dan luar negeri juga sama-sama bagus ceritanya, tetapi kalau film sejarah luar negeri kayak tentang perang gitu banyak sekali action nya dan kadang suka ada beberapa adegan yang sadis serta durasi filmnya agak panjang daripada film sejarah Indonesia. Sedangkan beberapa film sejarah Indonesia kebanyakan mengandung pesan moral yang positif dan cocok juga nih untuk kita tonton di saat hari kemerdekaan atau hari-hari biasanya.

Sebenarnya aku sendiri gak terlalu suka nonton film sejarah seperti action sih, aku pribadi lebih suka baca-baca tentang sejarah atau nggak nonton film dokumenter sejarah di masa lampau. Jadi dari kesimpulan di atas itu, kalau aku sih YES karena kalau tayang film sejarah di TV Indonesia itu yaa bagus donk, asal film itu punya mengandung pesan moral yang positif dan juga sambil belajar mendalami tentang sejarah sekaligus mengenang masa-masa peristiwa sejarah di masa lampau. Dan juga film sejarah itu tidak mengandung cerita-cerita yang agak melenceng dari fakta cerita sejarah serta menampilkan adegan-adegan kekerasan sadis yang berlebihan.

Kalau kamu seberapa pentingkah film sejarah itu penting selalu di tayangkan ?

2 tanggapan untuk “Seberapa pentingkah film perjuangan itu ditayangkan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s