Ketika belajar sejarah lewat meme

Sejarah adalah sebuah peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau. Sejarah sulit untuk di lupakan oleh masyarakat seperti perang, bencana, hingga hal-hal terjadi yang pernah membuat gempar di masa lalu. Mengapa kita wajib mempelajari sejarah? karena supaya kita teringat kenangan-kenangan masa lalu dan tidak boleh lupa dengan perjuangan-perjuangan Indonesia di masa lampau, gak hanya mengingat kembali tentang Indonesia aja. Peristiwa-peristiwa di dunia pun juga harus di ingat karena di masa lampau itu dimana perkembangan teknologi serta peperangan atau politik pun mulai lahir dan mengubah sejarah dan dunia seperti sekarang ini.

Kalau kamu belajar sejarah masa lampau, pasti cuman belajar di sekolah saja yang selalu di ajarkan oleh guru-guru dari SD hingga SMA. Atau di masa kuliah pun juga pernah belajar sejarah meskipun hanya untuk mahasiswa jurusan sejarah atau arkeologi saja, padahal semua jurusan pun juga ada pernah belajar sejarah meskipun hanya sedikit dan biasanya terdapat kayak selipan materi pembukaan di dasar-dasar mata kuliah gitu seperti pembukaan pengertian tentang kedokteran misalnya yang biasanya ada selipan sejarahnya di buku kuliah kedokteran gitu.

Biasanya kalau belajar sejarah pasti cuman hanya baca-baca buku doank atau sekedar mencari artikel di internet tentang berbau sejarah. Atau kalau merasa jenuh membaca teks tulisan di buku sejarah yang tebal, biasanya lebih suka menonton video sejarah di banding membaca buku. Tapi apa jadinya kalau belajar sejarah gak lewat buku atau video saja, melainkan belajar sejarah lewat meme.

Meme comic adalah sebuah meme gambar yang sangat populer di dunia sosmed karena identik dengan gambar komik sederhana atau gambaran yang isinya jokes dan juga menghibur. Meme ini biasanya cerita nya bebas berdasarakan kehidupan sehari-hari maupun hal viral seperti meme politik, meme humor, dan sebagainya. Jangankan politik atau humor aja di buat meme, sejarah pun juga di buat meme menjadi jokes.

Saat ini orang-orang termasuk netizen lebih suka belajar sejarah lewat meme ketimbang lewat buku atau artikel. Karena rata-rata netizen gak terlalu suka baca dan lebih suka melihat secara visual seperti gambar meme sejarah itu, dan juga menurut mereka, mereka sangat jenuh kalau baca sejarah lewat buku tebal dan pusing liat tulisan ceritanya yang panjang beribu-ribu. Aku sendiri juga suka baca-baca sejarah gitu dan biasanya lebih suka baca-baca tentang perang dunia atau misteri, dan aku juga suka liat-liat meme sejarah di Instagram. Kayaknya liat meme sejarah emang seru dan juga menghibur tetapi tetap juga belajar sejarah dari apa yang di maksud dari cerita gambar meme tersebut.

View this post on Instagram

Hachiko adalah seekor anjing jantan peliharaan jenis Akita Inu yang lahir pada 10 November 1923 di Odate, Prefektur Odate, Jepang. Ia terkenal karena kesetiaan nya kepada majikan nya yang merupakan pengajar di Universitas Kekaisaran Jepang. Dulu ketika Hachiko masih dipelihara oleh majikan nya yang bernama Profesor Hidesaburo Ueno hendak pergi ke Stasiun Shibuya di Tokyo, Hachiko dengan sendirinya selalu menemani majikan nya sampai di stasiun kemudian di tunggu nya sampai majikan nya pulang di Stasiun pada sore hari. Lalu saat majikan nya pulang ke rumah dari stasiun, Hachiko menemani nya sampai di rumah sang majikan. Hal tersebut dilakukan pada setiap hari sehingga orang-orang di sekitar Stasiun mulai mengenali Hachiko yang selalu mengantarkan majikan nya berjalan kaki sampai Stasiun Shibuya. Hingga pada akhirnya tanggal 21 Mei 1925, sang majikan yaitu Profesor Hidesaburo Ueno meninggal mendadak ketika sedang mengajar di Univeritas Kekaisaran Tokyo. Profesor Ueno dimakamkan dan nasib malang menimpa Hachiko lagi karena Istri Profesor Ueno, yaitu Yae harus pindah dan meninggalkan rumah Profesor Ueno. Hachiko pun beberapa kali dititipkan ke banyak orang hingga pada tahun 1927, Hachiko dititipkan kepada seorang tukang kebun keluarga Profesor Ueno yang letak nya tidak jauh dari Stasiun Shibuya. Sejak saat itu pula, Hachiko mulai pergi ke Stasiun Shibuya dan menunggu di tempat biasanya ia menunggu sang majikan Profesor Ueno di Stasiun Shibuya, Tokyo. Aksi Hachiko menunggu majikan nya si Stasiun Shibuya mengundang perhatian media dan publik sehingga ia menjadi banyak didatangi banyak orang dan dikasih makan setiap hari oleh orang-orang sekitar Stasiun Shibuya dan orang-orang yang lewat Stasiun Shibuya. Hachiko terus menunggu majikan nya dari Stasiun Shibuya bertahun-tahun lama nya yang sudah pasti majikan nya yaitu Profesor Ueno tidak akan kembali karena sudah tiada dan telah dimakamkan. Hingga akhirnya pada 8 Maret 1935, Hachiko ditemukan sudah tidak lagi bernyawa di jalan dekat Jembatan Inari, Sungai Shibuya. Lokasi tersebut berada tidak jauh dari Stasiun Shibuya. Penyebab Hachiko meninggal diketahui akibat penyakit filariasis. . Follow for support and more meme

A post shared by jenderal memers id (@jenderal.memers.id) on

Meme sejarah emang bikin ngakak ngeliat gambar-gambar meme seperti perang atau percakapan antar tokoh yang sesuai dengan fakta ceritanya. Biasanya selalu di kasih caption yang lengkap tentang cerita sejarahnya disitu, terkadang meme bersifat menghibur dan juga kadang meme nya juga berisi dark jokes seperti gambaran meme pembunuhan, SARA, atau semacamnya. Kadang meme sejarah juga agak melenceng dengan fakta sejarahnya atau isi gambar memenya berisi kayak menghina atau ngerendahin sejarah juga. Tetapi kreator meme sejarah itu juga ngasihin caption untuk gak bermaksud menghina sejarah dan hanya sekedar hiburan saja. Ternyata meme sejarah juga punya sisi positif dan negatif nya juga.

Baca-baca sejarah lewat meme tuh seru juga dan juga cukup menghibur bagi netizen termasuk aku sendiri. Jangankan hanya cuman di jadiin meme aja, video sejarah pun juga kadang di selipin backsound parody atau juga di jadiin video meme yang lebih ngakak daripada gambar meme. Bahkan akun roleplayer tokoh sejarah pun juga ada di akun-akun Instagram dan tujuannya hanya untuk bersenang-senang dan suka memposting konten-konten meme sejarah.

Menurut aku, bikin meme sejarah itu sah-sah aja sih asal juga harus sesuai dengan fakta sejarahnya biar isi gambar meme nya gak melenceng dan juga bukan bertujuan untuk menghina sejarah masa lampau seperti korban perang yang bikin merasa tersinggung jika cerita sejarahnya di jadiin meme jokes yang gak benar. Kalau bisa buatlah sekreatif mungkin asal harus ada sisi postif nya juga dan harus di kasih keterangan cerita sejarahnya di gambar meme itu supaya para netizen atau pembacanya juga jadi mengerti maksud arti gambar meme sejarah itu sekaligus menambah ilmu pengetahuan.

Kamu sendiri suka sejarah gak? gimana nih tanggapan kamu tentang meme sejarah.

9 thoughts on “Ketika belajar sejarah lewat meme

  1. Meme sebagai bentuk dan gaya komunikasi pastinya sah-sah saja digunakan siapa saja, di zaman kayak gini siapa pun bisa bikin. Yg jadi masalah meme punya keterbatasan ruang, beberapa foto/ilustrasi dan beberapa kata, dan seringnya fungsi utamanya ya untuk lucu2an atau sarkas. Untuk wawasan dasar tentu tak masalah, tapi harus selalu diingat bahwa akan ada informasi yg terdistorsi, bahkan jika ditambahi penjelasan tambahan di caption.

    Like

  2. Suka juga dong baca sejarah, terutama biografi tokoh.
    Terakhir baca Dilarang Gondrong! tentang militer Orde Baru yang menyasar kaum muda.
    Meme juga asyik-asyik aja, memang nyaman baca buku yang detail, tapi meme pun nggak masalah, sekadar buat fun.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s