Sayangi uang agar tidak boros

Uang adalah sebuah hal paling berharga kedua setelah cinta, uang adalah sesuatu benda yang paling penting sebagai penyelamat bagi kehidupan kita seperti kebutuhan dan perekonomian. Kalau kamu ingin beli sesuatu, pasti selalu menggunakan uang sebagai alat tukar dan juga sebagai tabungan di saat investasi atau mempersiapkan untuk di masa depan seperti masa pensiun. Bahkan uang juga sebagai harta warisan agar harta itu tetap harus dijaga dan gunakan sebaik mungkin.

Sebelumnya, aku sudah pernah bahas tentang pengelolaan uang di masa pandemi. Di post tulisan ini aku akan sharing seperti biasa tentang pengalaman mengelola uang di kehidupan sehari-hari. Sebenarnya tipe aku bisa di bilang agak boros gitu lah, kalau punya uang banyak gini kadang suka gak tahan dengan yang namanya jajan atau belanja. Aku emang suka sekali jajan baik di sekolah maupun di kampus, jumlah uang jajan yang aku pake terkadang gak bisa di hitung seberapa habisnya tuh uang meskipun cuman uang recehan saja seperti bawa 15K misalnya. Aku jajan di sekolah habisnya tinggal 5K atau yang sampai parah tingga 2000 gitu. Tapi biasanya aku juga pernah gak mood jajan di sekolah karena jajanan di kantin bikin cepet bosan karena jualan makanannya cuman itu-itu aja.

Begitu pula juga di rumah yang terkadang aku suka jajan lewat gofood atau belanja online. Biasanya kalau lagi pas lebaran plus dapat THR, minataku terhadap jajan dan belanja pun semakin menjadi-jadi hingga uang THR ku mulai terkuras habis di dompet aku.

Akhirnya kebiasaan jajan ini mulai terbawa hingga masa kuliah ini. Sekarang kan uang jajan aku udah lumayan banyak lah, kalau di kampus aku tetap suka jajan makanan atau minuman di deket kampus aku. Tapi aku gak terlalu suka jajan di kantin lagi sih, aku lebih suka jajan di luar meskipun jual makanan & minuman di sekitar deket kampus aku sedikit banget dan aku lebih suka jajan di minimarket di banding jajan di kantin atau di pinggir kampus. Jumalh uang jajan yang di keluarkan di dompet aku sama-sama gak ketebak berapa habisnya, kadang tinggal sekitar 15K atau sisanya masih lumayan banyak di dompet aku. Jangankan sekedar hanya jajan makanan & minuman saja, aku pun juga suka beli tiket bioskop yang lumayan mahal lah (tergantung kalau misalnya ada film bagus di bioskop). Bahkan biasanya uang jajan aku dulu pernah sering di pakai untuk bayar ojek online yang harganya kadang mahal kadang murah sebelum aku belum mengenakan pembayaran G*p*y.

Susah banget sih kalau aku berusaha untuk kuat jajan dan pingin belanja online gitu. Tapi alhamdulillah semenjak masa pandemi dan selalu di rumah aja, perlahan-lahan aku udah mengurangi jajan nya dan hanya membeli suatu kebutuhan yang penting saja seperti beli makanan lewat ojek online, yang biasanya kadang di rumah aku tuh gak ada makanan di meja gitu. Dan sekarang malah ibu aku yang suka ketagihan belanja online di rumah.

Kalau untuk tips menjaga keuangan, aku mencoba untuk berusaha mungkin untuk menahan jajan. Kalau untuk menyimpan uang dulu suka naruh sembarangan hingga kadang uang aku jadi hilang atau berakhir di tempat cucian sehingga uangku jadi ikutan basah bersama baju-baju yang terendam oleh air. Kalau nyimpen uang gitu kadang sembarangan gitu naruhnya dan biasanya aku suka naruh di tas atau di kantung celana maupun tempat laci karena aku malas aja gitu gak menyimpan dompet begitu saja. Untungnya semenjak punya kartu rekening, uang aku masih ada deh di tabungan rekening mobile dan di kartu kredit. Dan sekarang aku udah agak jarang keluyuran rumah untuk jajan aja, paling kadang cuman jajan lewat ojek online. Uang emang sangat berharga banget dan terus dijaga agar bisa digunakan sebaik mungkin untuk membeli kebutuhan barang yang penting asal berguna bukan untuk beli barang-barang mewah yang hanya bertujuan untuk berfoya-foya atau memamerkan barang-barangnya dan habis itu udah barangnya gak di pake lain dan di tinggalkan begitu saja, sayang banget kan.

Yuk sayangi uang kalian seperti Tuan Krab yang menyayangi uang dan hartanya. Maksudnya kita turut harus menjaga uang serta harta kita dan rajinlah hidup berhemat karena uang itu bukan benda alam yang gak bisa di perbarui, maka itulah gunakan uang sebaik mungkin dan jangan lupa biasakan untuk menanam modal seperti berinventasi atau digunakan sebagai dana pensiun di masa depan nanti.

Itulah tadi dari sharing pengalaman aku tentang uang. Btw, kamu suka jajan kayak aku gak?

4 tanggapan untuk “Sayangi uang agar tidak boros

  1. Kita punya masalah yang sama mbak haha. Jajan dan makan enak ya ๐Ÿ˜ฅ padahl kalau nggak jajan uangnya pasti bisa ketabung. Tapi, ya gitu. Namanya makanan enak sulit banget kalau nggak di beli haha

    Suka

  2. Soal keuangan mungkin saya yang paling boros di antara keluarga saya kak, jajan terkadang menjadi kebutuhan sehari-hari, apapun yang terbesit di pikiran pasti di beli.

    Tapi sekarang lagi menerapkan management keuangan biar bisa stabil. Dan atur budget jajan ๐Ÿ˜„

    Salam kenal kak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s