Mengatur keuangan di masa pandemi

Belanja adalah satu kebiasaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sekaligus hobi yang sedang ngetren sejak masa pandemi ini seperti belanja online. Sejak beberapa toko di mall atau toko-toko kios ditutup akibat pandemi ini, belanja online adalah salah satu cara paling alternatif dan gak bikin ribet untuk keluar rumah karena situs online shop banyak sekali tersedia jual barang-barang maupun pangan seperti baju, elektronik, makanan, dll.

Namun seberapa habiskah penghasilanmu untuk berbelanja online? tinggal sisa uangmu saat ini. Kadang total habis uang untuk berbelanja kadang suka cepat habis saking ketagihan belanja online, biasanya orang-orang suka sekali menghamburkan uang cuman beli barang-barang tanpa tujuan jelas hanya bermaksud ingin memamerkan barang-barang mahal misalnya. Paling habis itu gak pernah digunakan lagi, sayang banget kan buang-buangin duit cuman memamerkan barang-barang di sosmed doank. Belum lagi kalau stok kebutuhan dan pangan dirumah habis sehingga masyarakat pun berbelanja kebutuhan dengan stok yang banyak sehingga jumlah harga nya tidak bisa dihitung apakah uangnya akan berkurang apa tidak.

Umumnya hobi belanja gitu banyak sekali terjadi para cewek. Cewek tuh emang hobi banget belanja di mall dan kebanyakan suka belanja barang-barang yang berbau cewek banget seperti tas, dompet, baju, makeup, maupun skincare. Biasanya kalau ada produk baru/limited edition maupun diskon besar-besaran gitu, jiwa-jiwa ingin berbelanja pun pasti semakin menjadi-jadi alias kebelet belanja lagi. Sedangkan untuk para cowok sih kadang-kadang jarang sih suka belanja gitu, paling cuman beli hal-hal berbau gadget seperti PS, laptop, dsb. Atau juga beli vape misalnya.

Aku pribadi sih gak terlalu suka belanja. Aku gak minat sama sekali belanja barang-barang kayak makeup atau skincare seperti kayak cewek pada umumnya, belanja baju atau dompet tas pun aja aku gak terlalu suka. Menurut aku apa gunanya kalau aku beli makeup atau skincare dengan harga yang mahal, aku aja jarang keluar rumah. Itupun aku gak terlalu suka makeup karena itu terlalu ribet buat aku. Kalau ditanya suka belanja apa, aku lebih suka beli buku ataupun buku tulis seperti notebook karena aku emang doyan suka baca buku seperti novel dan juga suka nulis di buku, dan juga aku lumayan suka beli case hp yang bisa di desain sesuai keinginan aku dari jasa desain case hp. Sedangkan yang sisanya cuman beli makanan atau minuman itupun kalau gak ada makanan dirumah maupun sekedar jajan aja.

Tapi sayang banget ya penghasilan ku gak mampu membeli buku novel bagus nan mahal, tapi pernah aku pertama kali pergi ke toko buku sendiri dan beli novel sendiri pas punya THR lebaran. Biasanya aku dapat rezeki saat hari lebaran doank wkwkw dan kalau dapat THR banyak gini langsung terjun dah belanja buku plus beli case hp, dan sisanya uang ku langsung ludes karena keseringan jajan makanan dan minuman.

Untuk masalah mengatur keuangan di masa pandemi gini, aku jarang banget ngatur keuangan dan bisa dikatakan hampir gak pernah. Kalau ngatur keuangan di pandemi itu kadang gampang-gampang susah, susahnya yaa karena hanya godaan saja saat pingin belanja misalnya. Bagi yang pecandu belanja pun susah sekali menahan godaan dan berusaha mengatur keuangan disaat pandemi gini, bukan hanya di masa pandemi aja di hari-hari normal pun juga tetap harus tahan godaan dan mengatur keuangan juga.

Untuk mengelola keuangan itu sebenarnya gampang, hanya saja niat diri kamu serta berusaha menghindar godaan setan yang sering menyuruh kamu untuk boros duit lewat belanja. Tips mengatur keuangan di masa pandemi ini cukup gampang sih menurut aku, setidaknya kamu harus terapin juga untuk mengatur keuanganmu agar tidak boros di saat pandemi. Tips ini sih adalah versi aku berdasarkan pengalaman ku saat mengatur keuangan.

  1. Tahan godaan

Setan sering sekali menggodamu untuk menyuruh hidup boros. Hobi belanja adalah salah satu hal yang menjadi pemicu keseringan boros uang, lebih baik berusaha tahan godaan kamu sekuat mungkin agar kamu bisa belajar untuk berhemat. Belanjalah barang-barang jika kamu ingin membutuhkan sesuatu yang penting seperti alat rumah tangga, sembako, maupun buah-buahan dan sayur-mayur.

2. Hemat

Uang gak bakal habis jika kamu rajin berhemat, maka itulah rajinlah menabung setiap hari supaya keuanganmu menjadi hemat serta perekonomian rumah pun jadi sehat.

3. Sedekah

Kenapa aku malah mencatumkan sedekah disini? karena apa jadinya kalau kamu punya uang yang sangat banyak dan bingung mau beli apa. Lebih baik uang banyak yang kamu punya itu mending buat sedekah/ berdonasi untuk orang-orang yang tidak mampu saja. Tuhan sangat suka dengan orang-orang yang sangat dermawan dan suka menolong orang, maka itulah kita harus sedekah serta berdonasi kepada orang-orang yang gak mampu yang sedang mengalami masa sulit seperti mengalami musibah bencana misalnya. Keuanganmu gak bakal kurang kok kalau misalnya kamu berdonasi/ bersedekah dengan uang seadanya atau pun cukup, siapa tahu rezeki bakal muncul tiba-tiba jika kamu suka bersedekah atau berdonasi.

Itulah ya guys tentang mengatur keuangan di masa pandemi, kamu sendiri suka hobi belanja gak? Menurut mu bagiaman cara mengatur keuanganmu versi kamu sendiri.

2 tanggapan untuk “Mengatur keuangan di masa pandemi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s