Melihat berita bikin merasa cemas

Setiap hari tepatnya dimulai awal pagi, kamu terbangun dari tidurnya dan bersiap untuk membersihkan diri sekaligus mulai beraktivitas. Seperti mandi, beribadah, membersihkan tempat tidur, dan sarapan. Kebiasaan ini sudah sering kamu lakukan di saat pagi hari ini, kamu pasti ingat dengan lirik lagu yang sering kamu pernah dengar sejak masih kecil. Bagun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi ku tolong ibu membersihkan tempat tidur ku *lah kenapa jadi nyanyi dah.

Skip lanjut, kalau kamu sedang sarapan biasanya sambil menonton TV untuk melihat info-info update yang selalu menanyangkan setiap hari di TV. Di awal pagi hari ini tayangannya berita dulu baru acara TV yang lain. Begitu juga dengan sebaliknya yang bisanya baru nyalain TV, kartun dulu yang ditayangin terlebih dahulu baru acara yang lain.

Berita sudah hal yang biasa dan sudah menjadi umum sebagai tayangan utama di TV, tanpa ada berita kita pun gak tahu info apa yang terjadi di sekitarnya. Maka itulah berita setiap hari terus ditayangkan di TV hingga akhir hayat. Emang sih, menonton berita banyak sekali manfaat dan pengetahuannya sekaligus mendapat informasi yang up to date yang sedang di perbincangkan oleh media massa, tapi pernah gak sih kamu merasa jenuh dan cemas kalau lagi melihat berita di TV di koran maupun berita digital. Baik di media maupun masyarakat seperti menemukan berita-berita hoax yang berkeliaran di berita-berita digital atau di sosmed. Gak cuman karena berita hoax kok yang bikin kamu merasa jenuh dan semakin cemas, media pun juga memberitakan hal-hal yang sedang viral yang menurutmu malah justru malah semakin cemas dan berusaha mengindar dari bacaan/ menonton berita.

Misalnya seperti berita Pandemi COVID-19, pandemi ini belum kelar juga dan jumlah kasusnya sudah semakin bertambah. Banyak sekali masyarakat yang sudah mulai terpapar corona dan masih saja yang melanngar protokol kesehatan. Kasus pun mulai tinggi dan sering sekali ditayanagin jumlahnya yang terpapar di media massa sehingga sebagian masyarakat yang sedang melihat berita itu menjadi semakin cemas dan perasaannya jadi gak enak, termasuk kamu yang pasti pernah merasakan cemas karena melihat berita tentang pandemi COVID 19.

Gak hanya berita tentang pandemi saja, berita pun juga sering memberitakan dunia politik yang akhir-akhir ini suka panas dingin terkait masalah partai pemilu ataupun undang-undang terbaru yang isinya kadang bikin kontroversi sehingga banyak mahasiswa dari berbagai kampus pada turun ke jalan untuk menolak peresmian undang-undang baru yang menuai kontroversi. Emang dimana letak kecemasannya? kalau kamu lagi melihat berita politik gitu perasaannmu gimana. Kesal, senang, atau cemas? Kesalnya karena kamu greget dengan perdebatan antar patai, senang karena anggota parati mu lolos jadi pemimpin daerah misalnya, dan cemas karena situasi politik yang semakin panas dan sudah berada di ujung tanduk. Atau yang lainnya kamu bersikap bodoamat dengan berita politik serta ada yang masih bingung dengan bahasan tentang politik yang sedang dibicarakan di media massa.

Belum lagi, berita politik biasanya juga ada hubungannya dengan pemerintah seperti pertahanan militer. Misalnya berita tentang perang yang masih saja terus gempur di berbagai negara timur tengah meskipun lagi di masa pandemi, kadang sebagian orang perasannya jadi gak enak dan semakin cemas kalau lihat berita tentang perang. Perang masih saja berlanjut dan belum ada damai nya juga, namun beberapa negara sebelah saja sudah mumutuskan untuk berdamai dan membantu para sekutu untuk menangani masalah perang itu. Kalau lihat berita itu perasaannya jadi gak enak dan merasa cemas kalau misalnya perang masih terus terjadi hingga berunjung meletusnya Perang dunia 3. Tapi masih ada sebagian orang malah justru suka liat-liat berita perang yaa karena bukan karena perang nya yang seru kok, karena ingin melihat berbagai persenjataan yang canggih serta strategi pertempuran keren seperti di film atau permainan games. Dan juga sebagai menambah pengetahuan seperti sejarah yang banyak menceritakan perang dan tentang kerajaan yang kamu sering dipelajari di sekolah.

Kadang melihat berita juga berguna supaya kamu tau informasi update yang tengah di perbincangkan saat ini. Tapi kamu pun merasa bosan melihat berita tentang itu-itu aja dan gak ada berita yang lain, atau juga saat ini kamu pasti sedang frustasi atau masih cemas melihat berita-berita sekarang seperti kasus COVID19 yang terus naik hingga tak bisa dihitung dengan jari. Biar kamu gak keterusan melihat berita yang membuat kamu merasa cemas, mending kurangi dulu nonton atau baca berita yang sedang up to date di gadget yang bikin kamu merasa resah. Istirahatlah yang cukup serta berolahraga yang teratur agar otak kamu menjadi fresh dan lepas dari ancaman stres dan kecemasan.

Kamu pernah nggak merasa cemas melihat berita selain aku?

3 tanggapan untuk “Melihat berita bikin merasa cemas

  1. Iya!! Apalagi soal toleransi antara agama, parah sih. Udah muak banget, blum lagi soal pelecehan sama perempuan yg korban malah disalahin. Aneh, mending nonton drama korea deh😆

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s