Memahami berpikir kritis

Menurut wikipedia, Berpikir kritis adalah konsep untuk merespon sebuah pemikiran atau teorema yang kita terima. Respon tersebut melibatkan kemampuan untuk mengevaluasi secara sistematis. Dikutip dari presentasi di 8th Annual International Conference on Critical Thinking and Education Reform, Michael Scriven & Richard Paul, berpikir kritis melibatkan proses yang secara aktif dan penuh kemampuan untuk membuat konsep, menerapkan, menganalisis, menyarikan, dan mengamati sebuah masalah yang diperoleh ataupun diciptakan dari pengamatan, pengalaman, komunikasi dan lain sebagainya.

Jadi berpikir kritis itu sebuah pemikiran secara aktif serta memiliki kemampuan kayak menganalisi atau mengamati masalah-masalah maupun tercipta berdasarkan dari pengalaman. Well, menurut aku teori penjelasan ini lumayan sulit untuk dicerna. Terkadang pemikiran ku belum terlalu tajam saat aku menganalisis masalah-masalah di sekitar lingkungan, tapi aku juga agak kreatif kalau ditanya soal kemampuannya.

Aku juga suka sekali melihat orang-orang disekitar sambil mengamati gerak-gerik lawan serta sifat personal mereka. Kadang aku merasa mereka punya kemampuan pemikiran yang berbeda-beda, bahkan pemikirannya juga tajam dan kritis. Aku merasa agak heran kenapa mereka pemikirannya sangat tajam dan suka berpikir kritis terhadap lingkungan.

Kadang aku agak sulit untuk berpikir kritis dengan baik serta menganalisis atau logika kalau ketemu masalah-masalah yang sulit. Kadang otak sulit mengoperasi pikiran untuk memecahkan masalah ini, tetapi pemikiran ku kadang juga kreatif dan suka beropini.

Opini nya kadang berdasarkan pengamatan ku kayak misalnya ada hal-hal viral atau kehidupan sehari-hari di kehidupan aku. Kadang berpikir kritis suka menguras otak dibanding berpikir kreatif dan opini, kritis dan opini sama-sama mengeluarkan pendapat dan juga argumen. Tetapi aku juga agak gak bisa bedain mana yang kritis dan mana yang opini, soalnya keduanya hampir sama.

Dilansir dari dosenpendidikan, Informasi yang diterima saat berfikir kritis bisa didapatkan dari hasil pengalaman, pengamatan ataupun dari komunikasi dengan orang lain yang memberi informasi. Dengan berfikir kritis jadi kita tidak mudah percaya dengan informasi yang diterima, sehingga kita melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut.

Ini sih contohnya kayak pernah kita lakukan di kehidupan sehari-hari kayak aku. Terkadang aku juga kayak mengamatin orang-orang disekitarnya yang sifatnya mereka itu suka bikin menarik perhatian orang lain, aku juga suka mengamati mereka sekaligus mengkritik secara diam-diam. Suka heran sih melihat orang-orang dengan sikap dan kemampuan yang tidak biasa sehingga disukai banyak orang, terus aku juga suka membaca artikel berita dan suka berpikir terus tentang masalah hal-hal yang sedang viral sekarang ini.

Terkadang teori berpikir kritis suka sulit untuk dicerna, kadang-kadang agak susah ngebedain mana yang berpikir krits, kreatif, dan opini. Yang penting aku juga sering berpikir kritis secara gak sadar.

Duhh, aku jadi bingung dah.

Source :

One thought on “Memahami berpikir kritis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s