Kenapa lebih suka menggunakan nama pena?

Ketika kamu melihat buku-buku di toko buku, pasti kamu sering melihat kan tulisan-tulisan nama penulis yang di depan covernya. Nama-nama penulis itu biasanya kebanyakan pakai nama yang unik dan singkat supaya para pembaca dapat mengenali nama penulisnya, tapi kamu tahu kan kalau tulisan nama penulis di cover buku itu kebanyakan memakai nama samaran.

Yap, itulah nama samaran alias nama pena. Nama pena itu kayak nama samaran gitu yang di pakai oleh penulis agar orang-orang terdekatnya tidak mengetahui kalau seseorang terdekatnya itu ternyata diam-diam penulis. Misalnya kayak kamu yang iseng-iseng cantumin nama kamu pake nama samaran agar keluargamu bahkan teman-teman mu gak ada yang tahu kalau kamu itu diam-diam punya bakat menulis. Gak hanya terdapat tulisan nama pena di cover buku saja kok, ternyata banyak sekali nama pena sering banyak digunakan dimana-mana seperti di sudut gambar komik, channel youtube, akun sosmed, hingga blogger website seperti aku.

Alasan kenapa aku lebih suka cantumin nama pena?

Percaya gak kalau semua media sosial dan blog aku ini pake nama samaran semua. Bisa dibilang, aku lebih suka memakai nama lain kayak nama samaran di setiap akun medsos pun agar terlihat keren dan bikin para pengikut sosmed termasuk teman-teman aku gak ada yang tahu kalau akun nama yang aneh itu adalah akun aku. Sebenarnya aku agak gak nyaman atau gak pas kalau buat akun itu username nya pake nama aku sendiri, kecuali kalau pake nama singkat aku. Kalau pake nama sendiri kayak gimana agak sedikit gak nyaman gitu bagi aku dan juga sedikit gak keren buat aku, belum lagi aku masih merasa sedikit insecure kalau aku dijadiin bahan publik di sekitar orang-orang terdekat aku. Maka itulah aku lebih memutuskan memakai nama samaran atau nama singkat dibanding pake nama aslinya, kayak di Instagram, Facebook (biasanya untuk akun fake atau cadangan), twitter, diary/jurnal, email, sampai blog aku aja pake nama samaran yang terlihat sedikit aneh kayak ‘EIGARIN‘.

Kalau bikin nama penah alias samaran gitu malah dianggap aneh oleh orang-orang, karena aku juga pernah sih mengalami kayak gitu oleh orang tua aku. Mereka heran, kok nama email kamu namanya kayak gini sih. Hikksss nama apaan nih. Aneh banget. Yah seperti gitulah kata-kata yang di ucapkan oleh ortu aku termasuk bapak aku.

Alasan aku sih yaa suka-suka aku lah, orang buat akun ini untuk aku sendiri. Suka-suka kreasi aku dan gak ada aturannya bagi pribadi untuk melakukan haln apa saja untuk menulis dengan yang kreatif, asal ada artinya plus juga punya maknanya di arti nama samaran itu *ehhh tapi kalau nama samaran punya aku kagak ada maknanya sama sekali.

Kalau masalah bikin nama pena nya lumayan mudah sih, kamu juga bebas mau bikin nama samaran apa saja sesuai kreativitas kamu. Namun terkadang sedikit susah sih nentuin nya yang kadang ngucapin lewat mulutnya bikin ribet pas mau nentuin nama samaran nya. Misalnya kayak aku sendiri kalau bikin nama-nama yang aneh kadang mulutnya berusaha sedikit untuk mengeja nama samaran bahasa latin yang aku buat sendiri, kalau bahasa aneh kayak bahasa latin gitu susah banget ngejanya sehingga orang-orang yang melihat tulisan nama samaran aku pake bahasa latin, mereka jadi bingung ngucapin nya kayak gimana.

Tetapi gak hanya bikin nama samaran yang kadang bikin aneh aja kok, aku juga suka bikin nama samaran dengan selipan quotes pendek atau kata-kata yang paling umum di blog diary aku seperti girls diary, Al journal, dan bla…bla…bla. Iseng-iseng aja lah sekalian bikin judul diary blog biar lebih keren, eaaakk.

Alasan umum lebih suka menggunakan nama pena

Sebagian orang seperti penulis lebih suka menggunakan nama pena dibanding pake nama aslinya. Yaa pastinya punya alasan tersendiri oleh mereka sehingga lebih memutuskan untuk menggunakan nama pena di setiap karyanya. Banyak sekali alasan-alasan penulis lebih suka menggunakan nama pena alias nama samarannya, alasannya.

  • Sengaja menggunakan nama pena nya agar orang-orang terdekat seperti keluarga pun gak ada yang tahu dengan nama penulis yang sebenarnya (tapi ada kok pake namanya sendiri atau nama singkat).
  • Biar orang-orang termasuk orang terdekat pun gak mengusik kehidupan penulisnya.
  • Supaya lebih mudah dibaca oleh para pembaca nya.
  • Terlihat lebih keren.

Well, itulah dari pembahasan singkat sedikit sekaligus bercerita tentang masalah menulis pena. Kalau kamu sendiri, nama penamu apa?

4 tanggapan untuk “Kenapa lebih suka menggunakan nama pena?

  1. Eh… Pas bener sama kayak aku
    Blog aku jg pake nama pena biar orang yg kenal gak ada yg tahu, belum pede krna masih newbie, smoga beberapa tahun ke depan teman2 bru nemuin hehehhh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s