Menulis, yang tadinya Otodidak sekarang jadi mahir

Waduh, aku udah pernah bahas terus tentang kepenulisan di tulisan-tulisan yang sebelumnya. Udah aku pernah bahas tentang kepenulisan serta sharing pengalamannya, karena tema tulisan ini adalah tema "belajar secara otodidak" dari ODOP ISB. Jadinya yaa terpaksa aku menuliskan tema ini lagi meskipun kadang bikin aku merasa bosen karena temanya itu-itu mulu, tapi malah suka banget … Lanjutkan membaca Menulis, yang tadinya Otodidak sekarang jadi mahir

Pengalaman bersepeda menggunakan Aplikasi Relieve

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang saat ini banyak diminati sejak masa pandemi. Bersepeda adalah olahraga yang sangat menyenangkan dan bisa berkeliling menggunakan sepeda, sepeda juga sebagai alat transportasi yang alternatif dan tidak menimbulkan polusi. Aku emang suka sekali bersepeda akhir-akhir ini, jarang sekali aku berolahraga dan tidak peduli dengan kesehatan dan berat badan. Namun … Lanjutkan membaca Pengalaman bersepeda menggunakan Aplikasi Relieve

Melihat berita bikin merasa cemas

Setiap hari tepatnya dimulai awal pagi, kamu terbangun dari tidurnya dan bersiap untuk membersihkan diri sekaligus mulai beraktivitas. Seperti mandi, beribadah, membersihkan tempat tidur, dan sarapan. Kebiasaan ini sudah sering kamu lakukan di saat pagi hari ini, kamu pasti ingat dengan lirik lagu yang sering kamu pernah dengar sejak masih kecil. Bagun tidur ku terus … Lanjutkan membaca Melihat berita bikin merasa cemas

Seberapa pentingkah memahami politik?

Dalam KBBI, Politik berarti pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan atau segala urusan dan tindakan kebijakan, siasat, dan sebagainya mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain. Menurut wikipedia, proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan … Lanjutkan membaca Seberapa pentingkah memahami politik?

Menjadi Penulis Profesional

Sejak masa pandemi ini, menulis sudah hal paling terbiasa sekaligus menjadi tren selama di rumah aja. Menulis adalah sebuah self-healing sebagai pelepas stress serta mencegah kegabutan di rumah, banyak sekali macam-macam menulis yang kamu bisa lakukan selama di rumah aja. Seperti ngeblog, nulis jurnal, atau nulis novel buku. Menulis pun ternyata bisa menghasilkan uang untuk … Lanjutkan membaca Menjadi Penulis Profesional

Memahami berpikir kritis

Menurut wikipedia, Berpikir kritis adalah konsep untuk merespon sebuah pemikiran atau teorema yang kita terima. Respon tersebut melibatkan kemampuan untuk mengevaluasi secara sistematis. Dikutip dari presentasi di 8th Annual International Conference on Critical Thinking and Education Reform, Michael Scriven & Richard Paul, berpikir kritis melibatkan proses yang secara aktif dan penuh kemampuan untuk membuat konsep, … Lanjutkan membaca Memahami berpikir kritis

Membaca buku

Pentingnya Membaca Buku

Kenapa masyarakat minim membaca buku Sumber : Unsplash Pentingnya membaca buku sangat berguna untuk menstimulusi otak serta menambah pengetahuan. Buku adalah sebuah jendela ilmu dan benda paling kaya akan ilmunya, karena itulah kita harus wajib membaca buku. Saat ini sebagian masyarakat masih kurang terhadap minat membaca buku, karena teknologi sudah semakin maju serta menjadi canggih … Lanjutkan membaca Pentingnya Membaca Buku

PUISI : Musim

Rintik Hujan Awan menangis membasahi dunia Butiran air turun mengguyur seisinya Awan datang saat langit mulai menutupi dengan balutan kegelapan Melepaskan emosinya lewat turun hujan Air mata awan mulai basah dimana-mana Hujan datang membawa ketenangan manusia Mereka bergembira dengan kedatangan air hujan yang jatuh dari langit Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan yang sangat menanti … Lanjutkan membaca PUISI : Musim

Makna Toleransi bagi aku

Masih ingat dengan semboyan Negara Indonesia "Berbeda-beda tetapi tetap satu.", maksudnya arti dari semboyan ini kita harus bertoleransi antara makhluk sosial dan menjalin tali silahturahmi sesama makhluk sosial. Baik ras, etnis, gender, maupun agama. Kita sudah pernah diajarin makna toleransi sejak dini, toleransi itu penting di lingkungan sosial karena kita ini satu saudara bangsa serta … Lanjutkan membaca Makna Toleransi bagi aku

Mendadak jadi pembicara di seminar WAG

Mungkin momen ini gak bakal lupain sekaligus bikin hati aku cukup mendebar saat kejadian hari jumat tanggal 11 yang lalu, yaa ini pertama kalinya aku jadi pembicara di seminar WAG. Sejak masa pandemi begini, semua acara-acara event maupun seminar dilakukan secara online atau daring. Demi menjaga kesehatan sekaligus memutus penyebaran covid, acara-acara event pun terpaksa … Lanjutkan membaca Mendadak jadi pembicara di seminar WAG