[Review] Novel Harry Potter And The Cursed Child

Apakah kalian Potterhead? Apakah pecinta Harry Potter? Atau kalian suka baca cerita fantasi? pasti semua kalian suka baca cerita fiksi termasuk genre fantasi seperti Harry Potter. Seorang bocah penyihir dari Hogwarts yang sukses menyihir semua orang yang membuat kita sangat jatuh cinta dengan cerita karya J.K. Rowling ini. Aku sendiri suka sekali baca cerita fantasi apalagi menulis cerita fantasi ini. Well, aku lumayan suka sih sama Harry Potter ini, cuman gak ngikutin nonton serial film itu sih. Dulu memang aku suka Harry Potter gitu, tapi gak terlalu fanatik gitu lah. Hanya sebatas suka saja sih, soalnya aku juga dunia fantasi gitu. Gak cuman Harry Potter aja kok, masih banyak film-film/ cerita fantasi yang juga populer.

Kemarin yang lalu, aku memikirkan untuk membeli novel lagi dan masih rindu untuk pergi ko toko buku untuk beli novel favorit aku. Cuman karena berhubung masih pandemi dan masih stay di rumah aja ya sudah aku putuskan untuk beli novel di toko online saja. Aku belum pernah sih beli novel di toko online kayak olshop gitu. Dan akhirnya aku beli deh sebuah novel Harry Potter And The Curshed Child di Shopee, Lumayan lah mumpung harganya dibawah 300K.

Novel yang aku beli di Shopee ini adalah Harry Potter And The Curshed Child. Well, memang aku juga sempat memikirkan untuk beli novel Harry Potter di Shopee. Tadinya aku mau mikir ingin beli novel Twilight, cuman pikiran ku juga malah kepingin beli novel Harry Potter. Jadi bingung deh mau milih yang mana, wkwkw. Setelah aku berpikir sejenak, akhirnya aku memutuskan untuk membeli Novel Harry Potter And The Curshed Child yang sudah aku inginkan sejak kemarin-kemarin yang lalu. Well, sebenarnya ini bukan pertama kalinya aku beli Novel Harry Potter ini. Aku udah pernah beli Novel yang judulnya sama tentang itu di olshop lain, sayangnya isi paket buku yang sudah dikirim dari sananya malah bajakan 😦

Untung aku beli lagi deh novel itu yang sudah ori dibanding yang tadi. Oke deh, langsung saja aku review buku ini ya.

Novel Harry Potter And The Cursed Child

Judul : Harry Potter And The Cursed Child

Cerita asli karya : J.K. Rowling, John Tiffany, Jack Throne

Naskah Drama : Jack Throne

Genre : Drama, Fantasy

ISBN : 9786020386201

Hal : 384

Blurb :

Menjadi Harry Potter memang sulit dan sekarang pun tidak lebih mudah menjadi pegawai Kementrian Sihir yang kelelahan, suami, dan ayah tiga anak usia sekolah.

Sementara Harry berjuang menghadapi masa lalu yang mengikutinya. Putra bungsunya, Albus, harus berjuang menghadapi beban warisan keluarga yang tak pernah ia inginkan. Ketika masa lalu dan masa sekarang yang melebur. Dan ayah pun mengetahui fakta yang tidak menyenangkan : terkadang kegelapan datang dari tempat-tempat yang tak terduga.

Bisa dibilang, menurut aku ini adalah salah satu novel yang tidak biasanya dari novel-novel lain, dan novel ini adalah salah satu novel paling unik bagi aku, karena Novel Harry Potter ini adalah sebuah novel naskah drama yang isinya saja jelas semuanya tuh teksnya berbentuk naskah drama gitu. Sebenarnya naskah di dalam novel itu dibuat pas sedang pentas acara teater Harry Potter And The Cursed Child yang diselenggarakan secara premier di Palace Theatre, London pada tanggal 30 Juli 2016 yang lalu.

Menurut yang sudah aku baca novel ini, menceritakan tentang petualangan Albus Potter bersama temannya yang menjelajahi waktu untuk menyelamatkan temannya Harry sekligus putra Amos, Cedric, di masa lalunya menggunakan benda pembalik waktu. Tidak hanya menyelamatkan Cedric saja kok, si Albus juga tidak sengaja bertemu ayahnya serta Voldemort di masa lalunya. Di cerita ini Albus berjuang bersama temannya Scorpius serta Harry dan kawan-kawannya berusaha untuk menjelajahi waktunya untuk menghentikan si penyihir Delphi yang ingin berusaha membangkitkan sihir gelapnya sekaligus bertemu dengan ayahnya, Voldemort.

Bisa dibilang, Albus emang rada bandel dan juga agak durhaka sama ayahnya sejak ia masuk Silytherin. Tetapi Albus tetap masih punya rasa sayang kepada orang tuanya dan diam-diam berusaha membantu menyelamatkan temannya Cedric di masa lalunya. Selain Albus ada juga karakter Scorpius yang merupakan sahabatnya Albus meskipun Scorpius sendiri adalah anaknya Draco Malfoy yang juga sama-sama masuk Silytherin. Scorpius ini beda banget sama bapaknya yang suka musuhan ama si Harry, tetapi si Scorpius sendiri malah justru bersahabat ama si Albus. Ibarat seperti persahabatan antara Harry dan Ron. Dan juga masih banyak kok karakter-karakter lama serta karakter baru di cerita ini, seperti Rose si anak dari Hermoine- Ron, Deplhi yang awalnya ngaku-ngaku sebagai sepupunya Amos yang akhirnya si Delphi mulai mengakui bahwa dirinya adalah anaknya Voldemort.

Isi Novel

Sekarang lanjut ke novel keseluruhannya ya, untuk cover novelnya cukup bagus dan disitu terdapat ada gambaran sebuah sarang berisikan anak kecil di dalamnya. Warna buku novel itu berwarna kuning yang setengah terang dan setengah pucat, kadang juga agak sedikit pudar sih. Dan untuk isi novel nya unik sekali karena dari keseluruhan cerita itu semuanya berbentuk teks naskah dialog yang dipakai untuk saat pentas di theater. Oh iya, gak juga hanya isi ceritanya saja kok, ternyata di novel itu sangat lengkap daftar-daftar deretan pemain di balik theater cerita Harry Potter And The Cursed Child. Dan kerennya lagi, terdapat juga bonus sisilah keluarga Harry Potter serta timeline film Harry Potter, pokoknya lengkap banget deh.

Pohon keluarga Harry Potter
Timeline Harry Potter
Pemeran Theater Harry Potter And The Cursed Child

Dari kesimpulan di novel itu, ceritanya bagus banget dan juga mengandung pesan-pesan moral di cerita ini. Dan gaya tulisannya berbentuk teks naskah dialog sih sehingga aku jadi lumayan cepat nyelesain baca novelnya. Dan untuk cover nya cukup bagus dan gambar sarang di cover itu sudah oke, jadinya aku pingin beli novel lagi deh,wkwkw.

Itu deh dari review Novel Harry Potter And The Cursed Child. Apakah kalian sudah pernah baca novel Harry Potter And The Cursed Child?

50 tanggapan untuk “[Review] Novel Harry Potter And The Cursed Child

  1. Kalau ini dibikin film juga gimana ya?
    pasti lebih memukau mengingat sekarang teknologi CGI sudah lebih canggih dibanding masa film-film harry potter sebelumnya.

    Suka

  2. wow ternyata selengkap itu tohhhhhh dalamnya sampai ada pohon keluarga potter. menarik… jd ingin beliiii. aku cuma nonton filmnya ajaa yg ini (padahal klo serial harpotnya, selalu baca don nonton)

    Suka

  3. Harry Potter gak ada matinya ya. Dari dulu sampe sekarang, tetep dicintai. Aku termasuk salah satunya. Btw, aku baru engeh kalau naskah dramanya gak ditulis sama J.K. Rowling, tapi sama Jack Thorne.

    Suka

  4. Belum baca Harry Potter And The Cursed Child. Aku memang belum pernah baca bukunya sama sekali, paling nonton filmnya aja, itu pun nggak ngikuti semua serinya. Tapi memang seru sih Harry Potter ini

    Suka

  5. saya lebih senang nonton filmnya karena bisa lihat sambil ngantuk2 heheh klo baca novelnya kayaknya malah jadi tidur duluan sebelum selesai hihi tapi tetap penasaran sih karena kata teman versi novel tetap lebih bagus dan asyik ceritanya

    Suka

  6. Kebetulan aku nggak suka sama cerita fantasi termasuk Harry Potter ini. Kulebih suka bacaan romance atau komedi sekalian. Tapi rasanya buat penggemarnya Harry Potter, buku ini pasti menarik banget ya… Secara lengkap banget gituh liatnya.

    Suka

  7. di novel ini ceritanya si harry potter dan teman2nya udah pada nikah terus punya anak gt ya mbak Al? udah nggak ngikutin harpot lama bgt brti aku nih,..hoho itu keren banget silsilahnya, seniat itu ya jk rowling bikin novel

    Suka

  8. Kalo dipikir pikir, jadi Harry Potter emang itu nggak gampang ya ahaha. Aku beberapa kali nonton filmnya, tapi belum pernah baca bukunya.. Pernah sih tapi nggak sampai akhir, tebel tebel banget wkwkwk.. Jadi pilih film

    Suka

  9. Saya lebih suka nonton filmnya, lebih seru…
    Tapi bikin penasaran juga sama isi buku ini, Harry Potter versi bapak-bapak..
    Kan dulu dia masih sekolah…
    Mudah-mudahan segera ada filmnya

    Suka

  10. Meskipun seorang bookworm tapi aku ngga ngikutin Harry Potter hehe dasarnya kurang suka novel fantasi.

    Oh ya aku baru tabu ada novel yang isinya berbentuk naskah drama seperti novel Harpot ini.

    Jadi ini tuh dibuat oleh orang lain yang terinspirasi sama Harpot ya Kak? Apakah banyak novel terinspirasi sejenis ini?

    Lalu aku masih belum paham :
    Sebenarnya naskah di dalam novel itu dibuat pas sedang pentas acara teater Harry Potter And The Cursed Child yang diselenggarakan secara premier di Palace Theatre, London pada tanggal 30 Juli 2016 yang lalu.

    Maksudnya penulis membuatnya saat ada pentas atau diadaptasi dari pentas tersebut? Maaf ya banyak tanya🙏

    Suka

    1. 1. Jadi ini tuh dibuat oleh orang lain yang terinspirasi sama Harpot ya Kak? Apakah banyak novel terinspirasi sejenis ini?

      = mungkin saja itu juga di buat oleh orang lain, soalnya penulis (orang lain) juga terlibat bikin cerita ini, tapi saya dengar ada yg bilang kalau cerita novel itu kayak fanfic gitu sih (waktu itu saya dapat info dari grup wag saya )

      2. Sebenarnya naskah di dalam novel itu dibuat pas sedang pentas acara teater Harry Potter And The Cursed Child yang diselenggarakan secara premier di Palace Theatre, London pada tanggal 30 Juli 2016 yang lalu.

      = iya, itu ceritanya sudah di pentasin di London 2016, sedangkan cerita naskah itunya baru udah di bukukan

      3. Maksudnya penulis membuatnya saat ada pentas atau diadaptasi dari pentas tersebut?
      = JK Rowling juga buat cerita itu, gak hanya sendiri aja kok. Bahkan beberapa orang (penulis lain) pun juga ikut kerjasama bikin cerita itu

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s