Memelihara Tanaman Lidah Buaya di Rumah Dan manfaat bagi Rambut

Berkebun adalah salah satu hobi yang saat ini sangat populer sejak masa Pandemi ini. Berkebun adalah salah satu cara mengurangi stress dan memenangkan hati kita di saat Pandemi Covid-19 dengan cara memelihara tanaman. Tanaman adalah makhluk hidup yang membawa kesejukan dan juga sebagai terapi untuk menghilangkan stress serta membawa oksigen untuk bisa bernafas. Gak hanya cuman sekadar menanam bunga aja kok, banyak sekali semua jenis-jenis tanaman yang bisa kita pelihara di berbagai tempat, terutama menanam di rumah aja.

Sebenarnya, aku gak terlalu suka berkebun sih. Tetapi, aku lebih suka dengan berbau alam seperti tumbuh-tumbuhan yang indah seperti Taman, Kebun, Hutan, dsb. Melihat alam itu rasanya nyaman sekali dan juga hatinya menjadi tenang serta fresh. Kita sangat bersyukur karena alam lah yang membawa oksigen yang baik dan selalu hadir menenagkan kita sekaligus melindungi diri kita dari terik matahari. Dan juga, tanaman punya banyak beragam manfaat yang baik untuk kebutuhan kita, seperti bahan makanan dan juga sebagai obat-obatan.

Di sini, aku juga cerita nih tentang berkebun di rumah. Aku sih belum tau luas tentang dunia perkebunan, hanya orang tua aku yang mengerti semua tentang perkebunan karena orang tua ku suka banget bercocok tanam di depan kebun rumah ku.

Menurut pengamatan ku, di antara kebun-kebun rumah tetangga sekitaran rumah aku, hanya kebun aku yang salah satu paling bagus sekaligus paling ramai di antara kebun tetangga. Rumputnya hijau banget dan banyak sekali jejeran-jejeran tanaman yang hampir menutupi tempatnya. Di situ juga terdapat kola kecil di tengahnya yang isinya sebuah air yang sudah kotor berwarna hijau beserta bunga teratai dan juga seekor ikan kecil.

Kebanyakan tanaman di kebun ku bunga-bunga semua. Entah, aku juga lumayan suka nanam bunga di situ sih biar kebunnya keliatan cantik, hehehe. Sedangkan kebun-kebun yang lain (tetangga) juga bagus, namun sayang sedikit terlalu gersang dan dari keliatan jauh kebun nya kayak keliatan kering gitu. Dulu kebun depan rumah ku tuh bagus banget, sekarang kok lam-lama jadi yaah gitu deh 😦 Bahkan kebun tetangga aku yang satunya lagi saja ada yang bikin kebun pake rumput sintetis biar kebunnya keliatan mencolok. *Sorry ya, kenapa aku malah jadi negkritik ya :((

Karena temanya kali ini adalah tentang tanaman obat, maka aku akan ngereview nih dengan tanaman obat yang satu ini. Kalian suka pelihara lidah buaya gak ? atau kalian punya lidah buaya di rumah ? Lidah buaya adalah salah satu tanaman obat yang di kenal sebagai Aloe Vera. Lidah buaya ini salah satu paling populer yang sering di tanam di perkarangan tempat.

Ini adalah foto-foto lidah buaya ku yang aku tanam di depan rumah. Untuk memeliharanya, aku hanya cukup menyiram tanaman Lidah buaya minimal 2 kali sehari pagi dan sore. Sedangkan, orang tua saya yang menangani kebun aku dengan cara merapikan atau memangkas tanaman. Kalau untuk Lidah buaya sih cuman cukup di siram aja, pernah sih memetik potongan Lidah buaya untuk bahan makanan.

Menurut kesehata, lidah buaya di perkaya mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kita. Terdapat Vitamin A, C, E, serta Kalium, Kalsium, Magnesium, Zinc, hingga Besi yang sangat berperan melindungi dari paparan penyakit.

Selain itu, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk hal-hal kecantikan, terutama rambut. Lidah buaya juga berperan untuk menjaga kesehatan rambut, seperti menyuburkan rambut, mencegah rambut rontok, mengatasi rambut rusak, serta menyngkirkan ketombe. Menurut ku, Lidah buaya ini paling ampuh sekali untuk menyuburkan rambut. Karena rambutku sudah sedikit tipis dan ada yang pendek sebelah, mungkin lidah buaya ini akan jadi penolong rambut aku. Well, aku belum pernah sih menumbuhkan rambut dari lidah buaya sebagai sumbernya. Dan katanya sih, itu paling sederhana sekaligus juga ampuh. Mungkin suatu saat aku akan mencobanya.

Well, begitulah dari review lidah buaya di rumah ku. Selain pelihara tanaman lidah buaya, kalian juga pelihara tanaman apa aja nih, Tulis di kolom komentar ya 😉

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s