Keuntungan di balik membaca Novel

Buku adalah sebuah barang terkaya karena beragam ilmu dan pengetahuannya. Buku juga merupakan sebagai jendela imu dan menyebarkan ilmu atau manfaat kepada orang-orang agar menjadi cerdas dan juga pintar. Buku juga di sebut juga bank ide karena banyak sekali ide-ide yang tersirat di buku ini, sehingga kita sering sekali mendapat atau mencari ide-ide di buku tersebut. Sekarang kebanyakan orang-orang lebih suka membaca buku cerita tebal yang sangat menarik dan penasaran dengan cerita alur nya yang meskipun sangat panjang. Siapa lagi kalau bukan Novel. Novel adalah salah satu buku paling populer di antara semua jenis buku. Novel sangat populer dan banyak sekali di gemari oleh orang-orang termasuk kaum milenial/ Gen Z.

Novel sangat di gemari oleh orang-orang karena bukan karena fisik yang isinya tebal atau gambar cover nya saja, tetapi isi-isi cerita itu yang membuat orang-orang sangat penasaran dengan cerita novel itu dan akhirnya mereka membacanya. Membaca buku merupakan sebuah hobi yang di gemari oleh semua orang, apalagi membaca sebuah buku cerita yang menarik seperti dongeng, novel, cerpen, atau komik.

Namun sayang sekali, menurut dari kacamata ku. Novel juga mendapat beberapa stigma dari sebagian orang, baik isi nya yang kontroversional maupun cuman hanya khayalan. Bahkan, baca novel itu di anggap sebagai gak ada ilmunya dan itu cuman hanya sekedar imajinasi belaka di dalam cerita itu. Sampai-sampai ada juga yang membanding-bandingkan dengan buku pelajaran, yang dimana buku pelajaran itu lebih kayak ilmu nya di banding baca buku cerita. Menurut ku, aku tersinggung mendengar stigma-stigma ini, begitu juga dengan kalian yang merasa sedih sekaligus kecewa mendengar omongan-omongan negatif dari sebagian orang.

Semua buku juga punya banyak segudang ilmu dan manfaatnya, gak cuman buku pelajaran nya aja kok yang kaya banget karena ilmunya yang banyak, semua jenis buku pasti juga punya segudang ilmu yang bermanfaat. Buku cerita juga salah satu sarana hiburan sekaligus menghindari rasa stress. Mungkin menurut orang-orang membaca buku cerita itu rasanya menyenangkan banget dan jika kita membaca cerita seolah-olah kita membaca sambil berimajinasi di dalam cerita itu. Bahkan juga, otomatis kita juga mendapat ide dari setiap membaca buku.

Meskipun membaca Novel di anggap kurang kerjaan, tetapi Novel ternyata juga punya manfaat yang gak kalah dari buku-buku pelajaran umumnya. Di sinilah terdapat beberapa keuntungan yang suka membaca buku Novel.

1. sarang ide dan inspirasi

Gak usah di tanya lagi kalau membaca buku itu juga bisa mendatangkan ide dan inspirasi. Terkadang ide dan inspirasi muncul di mana-mana. Membaca novel juga bisa mendantangkan ide & inspirasi tersebut.

2. memperbanyak kosakata & diksi

Bagi kalian yang suka membuat cerita tapi suka ngestuck di tengah cerita atau kehabisan kata, mungkin membaca novel bisa mengatasi masalah tersebut. Novel itu beragam kaya kosakata nya serta diksi yang indah. Kalian juga bisa kok membaca novel sambil menambah refrensi dengan menguasai kosakata-kosakata baru. Kalian juga bisa mencari inspirasi / refrensi dari diksi-diksi novel tersebut.

3. menghindari stress

Membaca buku adalah salah satu cara untuk mengindari yang namanya stress. Membaca buku juga sama aktivitas liburan tanpa melelahkan. Tinggal duduk terus baca-baca buku deh yang sesuai kalian sukai. Kenapa membaca buku itu sebagai sarana hiburan ? karena di setiap buku-buku termasuk buku cerita, pasti punya banyak ragam cerita genre yang seru. Seperti humor, thriller, dll. Dan membaca novel pun kalian bakal lepas bebas yang namanya beban stress.

4. mempelajari pengetahuan baru

Siapa yang bilang kalau buku yang kaya ilmunya itu cuman buku pelajaran/pengetahuan ? Gak kok, semua jenis buku juga punya ilmunya, termasuk novel. Selain menceritakan kehidupan di novel, ternyata novel juga menceritakan sebuah tempat atau hal-hal yang belum pernah di pelajari di berbagai buku pelajaran. Misalnya cerita tentang sejarah yang luas yang belum pernah kalian tahu. Jika kalian membaca buku novel, kalian juga dapat pengetahuan baru di setiap isi cerita tersebut tanpa disadari, sehingga ilmu nya semakin meluas.

5. nilai moral

Di setiap cerita pasti banyak hikmah/ moral yang di sampaikan untuk bahan pembelajaran. Banyak sekali di beberapa dialog tokoh pasti menyampaikan quotes atau kata-kata tersentuh yang bermanfaat di kehidupan kita. Banyak sekali novel-novel inspirasi dan beragam hikmahnya yang tersimpan di setiap ceritanya. Bisa juga bisa petik dari kisah cerita tersebut.

Inilah keuntungan-keuntungan di balik yang suka membaca novel. Novel ternyata juga banyak segudang ilmu dan inspirasi di antara jenis-jenis buku. Jangan menilai negatif dulu dari tampang luar novelnya, karena di dalam isi novel tersebut juga punya banyak kisah-kisah inspirasi dan juga kata-kata hikmah yang kita bisa petik dari cerita novel tersebut.

Menurut pandangan ku, belum tentu kita bakal pintar jika hanya membaca buku pelajaran saja, semua jenis buku yang kita baca itu di pastikan kita akan jauh lebih pintar. Teserah kita juga bisa buka tentang apa saja yang kita sukai, yang penting isinya bermanfaat dan juga menambah pengetahuan.

Kalau kalian suka baca novel apa nih ? Tulis di kolom komentar ya šŸ˜‰

6 tanggapan untuk “Keuntungan di balik membaca Novel

  1. Hehe, novel juga sering ‘dituduh’ sebagai cerita bohong. Padahal bukan fiksinya yang perlu dihighlights, tapi realita sosial yang menjadi pembentuk fiksi tersebut.

    Suka

  2. Ah setuju banget! Fiksi nggak selalu buruk kok, bahkan aku enjoy banget baca fiksi. Malah lebih banyak belajar bersimpati karena baca novel. Terakhir abis baca Norwegian Wood nih aku hahaha.
    Apa buku terakhir yg kamu baca?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s