Enakan Pake Kata “Saya”,”Gua”, Atau “Aku” ya ???

Kebanyakan, anak milenial lebih suka mengungkap sapaan kata atau memperkenalkan diri dengan bahasa gaul seperti : Lo dan gua.

Lo dan Gua adalah bahasa gaulnya dari Aku dan Kamu. Kata Aku adalah Bahasa Indonesia paling umum saat memperkenalkan diri atau ingin. Menurut KBBI, kata Aku adalah kata ganti orang pertama saat sedang berbicara atau menulis. Sedangkan kata Saya itu sama seperti kata Aku berarti memperkenalkan diri , cuman kata Saya lebih sopan di banding Aku. Menurut gua sih saya itu kayak terasa formal gitu jadi agak nyaman menggunakan kata itu. Sedangkan kata Gua itu adalah bahasa kata Aku/Saya versi bahasa gaulnya. Kata Gua ini adalah kata yang paling populer dan banyak sekali di gunakana oleh masyarakat umum, termasuk anak milenials. Kata Gua ini biasanya di pake untuk biar kita tuh dirinya anak paling gaul dan ingin sok akrab dengan teman-temannya atau teman baru.

Dari di atas ketiga ini ,gua lebih sering memakai dengan kata Gua. Biar ada gaul-gaulnya gitu (aslinya gua males bergaul) dan gua udah terbiasa dengan kata gaul baik di dunia nyata maupun di medsos, termasuk menulis blog ini. Seiring beberapa hari, gua rasa harus menggantikan pengguna kata diri yang umum saja deh. Menurut gua sih kalau pake kata Gua itu agak gimana ya sedikit gak nyaman saja saat nulis di blog, Blogger lain pada umumnya kebanyakan pake kata Aku atau Saya di setiap blog masing-masing. Ada sih beberapa blogger ada yang pakai kata Gua. Karena gua agak gak nyaman dengan kata Gua di blog, maka gua putuskan untuk mengganti pengguna kata dari kata Gua ke kata Saya.

Nah kalau pengguna kata Saya ini kan udah pas nyaman daripada kata gaul kek Lo atau Gua. Kata Saya lebih nyaman di banding kata Aku kenapa ? udah saya jelasin di atas kalau pengguna kata Saya itu agak formal dan sopan jadi lebih enak memakai katanya (ini menurut saya) . Makanya pengguna kata Saya itu jadi nyaman kalau menulis di blog, eh tapi kalau pake kata Aku juga enak sih, wkwkwk. Serah dah mau pake saya atau aku juga gak papa, suka-suka saya lah. Cihh enakan pake Aku aja dah, *pusing.

Segini aja lah dari konfirmasi perubahan Pengguna kata di blog saya. Wkwkwk sorry ya tulisan saya malah jadi gak jelas karena saya nulis dalam keadaan mager dan pingin tidur, wkwkwk.

2 thoughts on “Enakan Pake Kata “Saya”,”Gua”, Atau “Aku” ya ???

  1. Saya pernah menuliskan tentang hal ini juga di blog hehehe. Buat saya pribadi, setiap penggunaan kata ganti itu punya ‘suasana’nya masing-masing. Lo-gue terkesan santai dan akrab, aku-kamu lebih lembut, saya–meski terdengar formal tapi tetap fleksibel dan sopan.

    Salam kenal kak Alya 😀

    Like

    1. tergantung sih biar nyaman. Aku sebenarnya nyaman sih pake kata lo gue, cuman karena aku pingin lebih sopan aja, ya udah jadi beralih dengan kata Aku . hehehe (tapi terkadang masih keceplosan nulis kata “gue”)

      Btw salken juga ya 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s