War Of Corona : The Battle Of Plague

Pertempuran adalah pertempuran. Tidak ada ampun. Jangan ragu walau sehelai benang.

Tere Liye

Judul Artikel yang berjudul “War Of Corona : The Battle Of Plague” sendiri adalah judul yang paling pas menurut gua karena ini pas banget saat sedang Perang corona saat ini. War Of Corona yang gua maksud berarti saat ini Dunia (termasuk kita) sedang Perang melawan Virus Corona. Dan The Battle Of Plague yang gua jelaskan di sini berarti dimana Para Medis dan Dokter sedang berjuang dalam pertempuran melawan Virus COVID-19 dimedan perang (medan perang ini artinya bertempur saat sedang Wabah di beberapa negara / wilayah).

LATAR BELAKANG PEMICU PERANG

Saat ini , Perang masih terus berlanjut di beberapa negara, seperti perang di timur tegah, perang dagang,Perang Korupsi, dan Perang Ekonomi. Perang sudah lama sekali sejak masa Perang Dunia 1 (28 Jul 1914 – 11 Nov 1918). Dimana Perang dunia 1 terjadi ketika Benua Eropa adalah salah satu benua paling rawan Perang dunia pertama dan bisa di katakan perang terbesar antara bangsa-bangsa Eropa saling merebut kekuasaan antar negara-negara. Perang tersebut berlanjut di susul oleh babak Perang Dunia ke 2 (1 Sep 1939 – 2 Sep 1945). Perang Dunia ke 2 semakin meluas ke beberapa benua-benua, Termasuk Asia yang sering sekali di jajah oleh bangsa Barat. Beberapa peristiwa Perang Dunia 2 yang paling terkenal itu adalah Pertempuran NAZI yang di mana kedua negara ini berseteru antara Negara Jerman (yang waktu itu di pimpin oleh Adolf Hitler ) dan sekutunya melawan Uni Soviet (yang di pimpin oleh Joseph Stalin). Ternyata Perang Dunia 2 itu bukan akhir dari Perang pada saat Jaman dahulu. Perang dunia justru melahirkan beberapa perang di negaranya masing-masing. Seperti Perang Dingin yang terjadi pada tahun (1947 – 1991). Dimana terjadi Perbedaan ideologisme sehingga terpecah dan Negara-negara saling bikin Tim dan saling memusuhi antara sesama negara-negara beda tim. Tim ini di pecah jadi dua, yaitu tim negara Demokratis (di gawangi oleh Amerika dan sekutunya) dan satunya lagi tim negara komunis (di gawangi oleh uni soviet dan sekutunya). Serta beberapa perang besar di negara lain seperti Perang Korea, Perang Vietnam,dsb.

PERANG COVID-19

Saat ini Perang terjadi lagi di tahun ini. Kali ini bukan negara-negara musuh. Melainkan sebuah Virus mematikan yang datang untuk menyerang tubuh manusia. Siapa lagi kalau bukan Virus Corona atau di sebut COVID-19. Corona adalah sebuah wabah virus yang menyebarkan ke seluruh dunia dan menyerang ke beberapa tubuh manusia dan menyebabkan manusia terserang penyakit virus mematikan ini. Ganasnya Corona ini tak segan-segan menghabisi semua orang sehingga orang itu jatuh sakit dan sampai meninggal akibat virus Corona ini. Merebaknya Virus corona ini membuat sejumlah negara harus saling bekerja sama dan bersatu untuk bertempur melawan Virus Corona. Bahkan Sejumlah pemerintahan pun mengeluarkan kebijakan untuk Masyarakat untuk #Dirumahaja dan tidak boleh keluar rumah, Seperti Social Distancing dan karantina di rumah. Bahkan beberapa walayah dan negara lain pada memutuskan untuk Lockdown guna mengurangi Virus Corona. Kegiatan #DiRumahAja tersebut harus berada di rumah dan tidak boleh ke luar Rumah .Sampai beberapa Masyarakat menyerbu ke sebuah supermarket untuk memborong sembako atau bahan makanan hingga tempat persediaan itu ludes di jarah agar berpastisipasi untuk menjaga makanan dan pangan selama berada di Rumah.

ASAL PEMICU WABAH COVID-19

Berawal sebuah tempat hewan dan makanan daging di Kota Wuhan, Tiongkok. Masyarakat Wuhan sudah pertama kali kena virus corona dan menyebar cepat ke seluruh wilayah Tiongkok sejak akhir tahun 2019. Kota Wuhan sudah semakin kacau dan tak terkendali untuk menangani Virus Corona sampai menyebar luas di Tiongkok sehingga Kota Wuhan harus di isolasi total dan Semua masyarakat harus bersembunyi di Rumah/ Apartemen.

Namun Virus Corona tidak berhenti sampai di situ saja, Sejak Negara Tiongkok sudah mulai mereda dari Virus corona, Virus Corona malah mulai menyebar dan berpindah tempat ke sejumlah negara. Bahkan lebih parah lagi dan hampir ke seluruh dunia, Termasuk negara kita yang saat ini jumlah virus di indonesia kian meningkat setiap hari.

SIAPA YANG TERLIBAT DALAM BERPERANG MELAWAN COVID-19 ?

TENAGA MEDIS

Mereka adalah salah satu Para pejuang di Masa perang Kesehatan melawan Penyakit. Ibarat seperti Tentara yang melindungi kesehatan. Tenaga medis (Seperti Dokter dan Perawat) ikut serta untuk terjun payung untuk bertempur melawan Para Virus corona yang ganas di arena Wabah virus berlangsung. Mereka bertempur dengan mati-matian membasmi Virus Corona yang sudah kelewat batas. Bahkan Sejumlah medis harus gugur dalam peperangan melawan virus corona ini dan beberapa masyarakat menganggap gugur dalam berperang adalah salah satu kematian terhormat dan sudah berusaha untuk berperang menghabisi para Virus demi melindungi kesehatan manusia. Tidak hanya gugur dalam berperang, Ada juga Seorang Dokter yang sudah berumur 80 bernama Dr. Handoko Gunawan juga ikut berperang melawan Virus Corona untuk menyelamatkan manusia sampai harus terbaring di rumah sakit karena kelelahan melawan Virus corona yang sudah ganas. Kini Dr. Handoko di nyatakan negatif Corona dan di izinkan untuk pulang dari Rumah sakit.

Sumber : Unsplash

PERANG TEMPUR STARTERPACK

Seorang Tentara pasti membawa alat perlengkapan dan sejata untuk bertempur melawan musuh.Tanpa membawa tangan kosong, Tentara tidak bisa berlindung dan gugur oleh serangan musuh. Berarti Tenaga medis juga punya alat Perang dan pelindung donk buat berperang melawan Virus Corona. Beberapa alat perang ini yang biasa di pakai oleh tenaga medis saat berperang melawan Virus Corona.

  1. Masker

Alat Pelindung ini adalah salah satu paling utama yang di pakai oleh Masyarakat dan tenaga medis. Masker ini berfungsi sebagai pelindung mulut dan menghindari dari bersin orang lain dan tidak menular ke kita. Benda ini pasti aman dari serangan virus. Biasanya di gunakan saat sedang di luar rumah seperti di Stasiun, Rumah sakit, dan tempat-tempat umum.

2. Baju Pelindung

Baju pelindung atau di sebut APD/ hamzat adalah baju seragam wajib yang dipakai oleh tenaga medis untuk melindungi diri dari Virus. Baju ini sering sekali di pakai oleh Tenaga medis atau peneliti saat sedang di tempat yang berbahaya atau sedang wabah, termasuk wabah Corona.

3. Sarung tangan

Sarung tangan adalah alat pelindung selanjutnya untuk menghindar dari penularan penyakit. Sarung tangan ini aman untuk menyentuh orang atau yang penderita yang terkena Virus Corona.

4. Kacamata Pelindung

Kacamat pelindung sangat penting untuk melindung dan menghindar dari kontak langsung dari si penderita. Sehingga aman melindungi dari Virus.

5. Rapid test

Ibarat seperti melacak musuh, Alat Rapid test sendiri berfungsi sebagai melacak Virus Corona di tubuh pasien. Alat ini sangat mudah mengetahui gejala-gejala munculnya virus corona di tubuh pasien. Jika hasilnya nihil, berarti di nyatakan negatif. Begitu juga sebaliknya, jika terbukti ada virus corona, berarti dinyatakan sebagai positif.

6. Semprotan Disinfektan

Ini adalah senjata utama Tenaga medis saat terjadi di wabah corona. Senjata ini berfungsi membasmi sejumlah bakteri dan virus yang menempel di permukaan bari dari benda, jalanan, tubuh manusia, maupun gedung/bangunan. Serta melindungi dari serangan virus/ bakteri

7. Sabun / Hand sanitizer

Benda ini adalah senjata paling utama dan sering di pakai oleh masyarakat. Senjata ini paling ampuh/ alternatif untuk membasmi para virus/bakteri. Apalagi hand sanitizer adalah senjata yang ampuh untuk membunuh virus dan mudah untuk di bawa kemana-mana. Saat ini Hand sanitizer termasuk barang paling langka selain masker dan sulit di temukkan di beberapa tempat saat Wabah Corona berlangsung.

8. Vaksin / Obat

Vaksin/ obat adalah salah satu senjata kita dalam dunia kesehatan. Obat juga sangat berfungsi untuk membasmi penyakit bakteri dan virus di tubuh manusia pada umumnya. Saat ini Vaksin atau obat untuk virus Corona belum di temukan. Dan baru-baru ini di beberapa negara ada yang sudah menemukan vaksin yang tepat untuk menangkal virus corona, Seperti di negara Israel yang sudah mengembangkan Vaksin Corona. Meskipun baru di kembangkan dan waktu yang belum pasti kapan vaksin itu akan di distribusi ke beberapa negara, Kita akan tetap menjaga kesehatan dan merawat diri kita dari upaya pencegahan Virus Corona. Minum vitamin adalah sebagai jalan alternatif untuk melindungi tubuh kita dari penyakit. Atau juga minuman obat herbal alami yang juga aman untuk melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit.

Tak ada itu yang namanya situasi putus-asa. Yang ada hanyalah manusia putus-asa
Heinz Guderian.

Meskipun Wabah Corona masih meluas, Kita tidak usah panik dan tetap untuk menjaga kesehatan kita dan istirahat yang cukup. Saat ini terjadi Perang Kesehatan. Dimana Para medis berjuang bertempur melawan COVID-19 di medan wabah berlangsung. Kita berperang melawan dengan cara menjaga kesehatan kita dan makan-makanan bergizi dan jangan lupa berolahraga, mencuci tangan, istirahat yang cukup,dan minum obat seperti vitamin untuk berlindung dari serangan virus. Anggap saja ini sedang berperang, Anggap saja pasukan tentara (Tenaga medis) sadang berjuang dalam perperangan melawan Musuh (COVID-19). Sedangkan masyarakat (kita) hanya untuk berdiam di Rumah alias Social Distancing demi melindungi tubuh kita dari ancaman Virus Corona.

Jangan lupa jaga kesehatan kalian ya !

5 thoughts on “War Of Corona : The Battle Of Plague

  1. Selain yang kasat mata, jangan lupa juga untuk selalu siap siaga dalam perlengkapan yang tak kasat mata, seperti senantiasa berpikir positif, ini berpengaruh juga terhadap imunitas di dalam tubuh kita. Semoga pandemi ini segera berlalu. Semangat!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s